ETIKA SOSIAL DALAM QS. AL-HUJURAT (STUDI PENAFSIRAN MUHAMMAD ASAD DALAM KITAB TAFSIR THE MESSAGE OF THE QURAN)

Dian Kusumaningrum, NIM.:18105030068 (2023) ETIKA SOSIAL DALAM QS. AL-HUJURAT (STUDI PENAFSIRAN MUHAMMAD ASAD DALAM KITAB TAFSIR THE MESSAGE OF THE QURAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA SOSIAL DALAM QS. AL-ḤUJURĀT (STUDI PENAFSIRAN MUHAMMAD ASAD DALAM KITAB TAFSIR THE MESSAGE OF THE QURAN))
18105030068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ETIKA SOSIAL DALAM QS. AL-ḤUJURĀT (STUDI PENAFSIRAN MUHAMMAD ASAD DALAM KITAB TAFSIR THE MESSAGE OF THE QURAN))
18105030068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penselitian ini mengangkat judul Etika Sosial dalam QS. Al- Hujurat (Studi Penafsiran Muhammad Asad dalam Kitab Tafsir The Message of The Quran. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kondisi sosial yang tidak stabil karena adanya stratifikasi sosial dan rendahnya rasa hormat atas beragam latar belakang manusia yang berbeda-beda sehingga manusia tidak menganggap satu sama lain sebagai mitra yang setara. Perlu adanya penerapan etika sosial untuk menjaga kondisi sosial tetap stabil. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah penafsiran Muhammad Asad atas QS. al-Hujuratِ yangِ tertuangِ dalamِ tafsirِ The Message of The Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali etika sosial dalam QS. al-Hujuratِ denganِ merujuk penafsiran Muhammad Asad dalam The Message of The Quran serta bagaimana implikasi yang dapat diambil untuk kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini berbasis kualitatif atau library research dengan teknik analisis deskriptif-analitik dengan memaparkan data-data penelitian baik primer ataupun sekunder secara menyeluruh kemudian dianalisa dan diambil kesimpulan. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan terdapat dua macam etika sosial dalam QS. al-Ḥujurātِ yakniِ berbentukِ perintahِ danِ larangan.ِ Perintahِ tersebut meliputi klarifikasi (tabayyun), perdamaian (iṣlāḥ), persaudaraan (ukhuwah), saling mengenal (ta’āruf), dan persamaan derajat (musawah). Sedangakan dalam bentuk larangan meliputi meninggikan suara (raf’u al-ṣaut), mengejek (al-sukriyah), mencela (al-nabz), berprasangka buruk (sū’uẓann), dan bergosip (gībah). Muhammad Asad menyatakan bahwa pesan-pesan tersebut merupakan sebuah panduan moral dalam menjalin relasi antar sesama umat manusia yang bertujuan untuk menjaga kehormatan reputasi, harkat, dan martabat sesama manusia karena sejatinya seluruh manusia merupakan keluarga besar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implikasi dari etika sosial dalam QS. al-Ḥujurāt untuk kehidupan bermasyarakat di antaranya adalah etika sosial melahirkan resolusi konflik dan sebagai persatuan umat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ali Imron, S.Th.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Etika sosial, QS. al-Ḥujurat,ِ Muhammadِ Asad,ِ The Message of The Quran
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Sep 2023 14:25
Last Modified: 21 Sep 2023 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum