RELEV ANSI KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Metodologis)

Moh Nur Hadi, NIM. 03420297 (2007) RELEV ANSI KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Metodologis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELEV ANSI KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Metodologis))
03420297_BAB I_BAB V_DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (RELEV ANSI KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Metodologis))
03420297_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengungkap teori-teori belajar (pedagogic) Ibnu Khaldiin sebagai Ilmuwan muslim peletak dasar pertama teori sosiologi. Teori-teori pedagogik Ibnu Khaldiin tertuang dalam kitab Muqaddimah. Sebuah karya monumental yang terkenal hingga saat ini. Dari sinilah penulis akan menggali dan meneliti hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran bahasa Arab. Jadi penelitian ini akan mengungkap bagaimanakah metode pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teori belajar yang ditawarkan oleh Ibnu Khaldiin selama ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terhadap penelitian sebelumnya. Yang membedakan adalah pada penelitian ini fokusnya pada teori belajar yang dicari relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Arab. Jadi disini dicari keterkaitan (relevansi) konsep antara pemikiran Ibnu Khaldiin dengan teori pembelajaran sekarang ini khusunya metode pembelajaran bahasa Arab. Obyek dari penelitian ini adalah pemikiran Ibnu Khaldiin tentang teori belajar. Karena pemikiran Ibnu Khaldiin tentunya mempunyai relevansi dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Arab. Kemudian untuk meneliti tentang pemikiran Ibnu Khaldiin adalah menggunakan pendekatan Historis. Karena pemikiran Ibnu Khaldiin tidak terlepas dari historisitas perjalanan hidup beliau. Sedangkan untuk sumber data yang lain penulis menggunakan pendekatan filsafat epistemologi, dimana pendekatan ini digunakan untuk mecari celah yaitu data yang berhubungan dengan permasalahan kemudian dikaj i secara mendalam dan sistematis. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi analitis dan hermeneutik. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relevansi pemikiran Ibnu Khaldiin tentang teori pedagogik dalam pembelajaran bahasa Arab perspektif metodologis. Dimana salah satu ajarannya yang kita ketahui adalah teori fitrah. Ibnu Khaldiin mengatakan bahwasanya manusia dilahirkan mempunyai potensi-potensi dasar yang bisa berkembang setelah menerima rangsangan dan pengaruh pendidikan yang diterimanya. Proses aktualisasi belajar itu diterangkan dengan menggukan konsep malakah sebagai sentral pemikiran pedagodiknya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Ibnu Khaldiin umunya didasarkan pada konsep Fitrah manusia. Metode-metode pun ditentukan oleh faktor internal dan eksternal peserta didik. Metode-metode yang relevan dengan pembelajaran bahasa Arab adalah metode Audio Lingual, Metode Humanis, Metode Pentahapan, Metode Pemisahan Materi, Metode Kasih Sayang. Hasil dari analisis pada penelitian ini disimpulkan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab yang tepat menurut Ibnu Khaldiin adalah yang dapat mencapai keahlian berbicara. Karena asumsi beliau tentang hakekat bahasa adalah ujaran. Jadi semua metode yang disebutkan diatas adalah pada dasarnya demi tercapainya malakah berbahasa Arab. Oleh karena itu metode Ibnu Khaldiin mempunyai relevansi dengan metode pembelajaran bahasa Arab modern sekarang ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Asrori Saud, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Konsep Pedagogik Ibnu Khaldun, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2023 09:43
Last Modified: 20 Sep 2023 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum