METODE USWATUN HASANAH DALAM PENDIDIKAN ANAK (Studi Analisis Psikologis)

Heri Kusnadi, NIM.96473444 (2004) METODE USWATUN HASANAH DALAM PENDIDIKAN ANAK (Studi Analisis Psikologis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE USWATUN HASANAH DALAM PENDIDIKAN ANAK (Studi Analisis Psikologis))
96473444_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE USWATUN HASANAH DALAM PENDIDIKAN ANAK (Studi Analisis Psikologis))
96473444_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Anak selalu mengalami berkembangan. Perkembangan suatu fungsi disebabkan oleh pertumbuhan material dan perubahan tingkah laku hasil belajar (pendidikan). Maka perkembangan pribadi manusia merupakan perubahan kualitatif fungsi kepribadian akibat pertumbuhan dan belajar (pendidikan). Faktor-faktor perkembangan anak ditinjau dari sudut asalnya dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: motif-motif biogenesis dan motif-motif sosiogenasis. Motif-motif biogenesis merupakan motif-motif yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan orgarnsme orang demi kelanjuran kehidupannya secara biologis, seperti lapar, haus, istirahat, kebutuhan biologis dan lain sebagainya. Sedangkan motif-motif sosiogenasis adalah motif-motif yang dipelajari orang dan berasal dari lingkungan kebudayaan tempat orang itu berada dan berkembang. Motif-motif sosiogenesis tidak berkembang dengan sendirinya, tetapi berdasar interaksi sosial dengan orang-orang atau hasil kebudayaan. 3. Fase-fase Perkembangan anak dapat diklasifikasikan menjadi: a. Fase perkembangan berdasarkan biologis, yaitu: perkembangan anak dengan melihat proses pertumbuhan psikologisnya, karena pertumbuhan biologis anak berpengaruh terhadap perkembangan kejiwaan anak. Fase perkembangan berdasarkan didaktis adalah klasifikasi perkembangan anak ditinjau dari materi apa yang dapat diberikan kepada anak, metode apa yang tepat diterapkan dalam mendidik anak usia itu. Fase perkembangan berdasarkan psikologis adalah klasifikasi perkembangan anak dengan melihat aspek psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. M. Budiyanto
Uncontrolled Keywords: Metode uswatun Khasanah, pendidikan anak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2023 11:00
Last Modified: 29 Sep 2023 15:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum