PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SUKONANDI YOGYAKARTA)

Rianda Retnaningtyas, NIM. 98413805 (2004) PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SUKONANDI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SUKONANDI YOGYAKARTA))
98413805_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SUKONANDI YOGYAKARTA))
98413805_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kreativitas berpikir yang dimiiiki siswa tidak ditangkap sebagai potensi yang periu dikembangkan untuk pencapaian niiai akademik tinggi. Daiam hai ini baik sekolah, keluarga maupun lingkungan kurang peka terhadap fenomena tingkah ]aku dari hasil berpikir siswa. Ini disebabkan karena : a. Kreativitas berpikir yang menghasilkan tingkah laku hanya dianggap sebagai gejaia biasa yang terjadi pada semua siswa. Kreativitas daiam beiajar, berani bertanya, berani mengungkapkan pendapat, mampu menemukan jawaban secara mandiri tidak dijadikan sebagai saiah satu faktor penilaian. a. Metode belajar. Metode belajar yang tidak tepat menyebabkan siswa yang ,. t t mempunyai kreativ1tas berpikir daiam proses beiajar m Ke1as akan mengaiami kesulitan. b. Standar peniiaian. Penentuan hasii akhir beiajar selama m1 hanya meiihat pada perolehan nilai ujian tertulis dan praktek yang terangkai dalam ulangan umum. Kreativitas siswa daiam proses beiajar tidak dijadikan niiai tersendiri. c. Lingkungan. Meskipun siswa mempunyai kreativitas tinggi ia tidak akan belajar dengan baik apabila kondisi lingkungan tidak mendukungnya. d. Orang tua atau keluarga yang terlalu menuntut siswa agar berprestasi tanpa meiihat keadaan anak yang bersangkutan. Sedangkan yang dibutuhkan anak dari orang tua adaiah dorongan dan penumbuhan motivasi beiajar yang tinggi. e. Minat siswa terhadap belajar. Minat terhadap belajar hanya muncul pada siswa-siswa yang berkepribadian mandiri. Dan untuk mendapatkan minat terhadap belajar siswa hams bebas berkembang menuju kemandirian yang dewasa dalam proses beiajar. b. Pihak sekolah, keluarga maupun iingkungan kurang mampu memanfaatkan kecenderungan tingkah iaku hasii kreativitas berpikir siswa tersebut sebagai modal mengembangkan daya pikir siswa dan pencapaian nilai akademik tinggi. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi akademik rend.ah bagi siswa yang mempunyai kretivitas berpikir adaiah a. Metode belajar. Metode belajar yang tidak tepat menyebabkan siswa yang ,. t t mempunyai kreativ1tas berpikir daiam proses beiajar m Ke1as akan mengaiami kesulitan. b. Standar peniiaian. Penentuan hasii akhir beiajar selama m1 hanya meiihat pada perolehan nilai ujian tertulis dan praktek yang terangkai dalam ulangan umum. Kreativitas siswa daiam proses beiajar tidak dijadikan niiai tersendiri. c. Lingkungan. Meskipun siswa mempunyai kreativitas tinggi ia tidak akan belajar dengan baik apabila kondisi lingkungan tidak mendukungnya. d. Orang tua atau keluarga yang terlalu menuntut siswa agar berprestasi tanpa meiihat keadaan anak yang bersangkutan. Sedangkan yang dibutuhkan anak dari orang tua adaiah dorongan dan penumbuhan motivasi beiajar yang tinggi. e. Minat siswa terhadap belajar. Minat terhadap belajar hanya muncul pada siswa-siswa yang berkepribadian mandiri. Dan untuk mendapatkan minat terhadap belajar siswa hams bebas berkembang menuju kemandirian yang dewasa dalam proses beiajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Afiyah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pengaruh kreatifitas, prestasi akademik, SD Muhammdiyah Sukonandi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2023 14:43
Last Modified: 20 Sep 2023 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum