PEMBINAAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN QUR'ANISASI SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIl di SMP PIRI Sleman Yogyakarta)

Mujajiroh, NIM. 0247 1212 (2006) PEMBINAAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN QUR'ANISASI SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIl di SMP PIRI Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN QUR'ANISASI SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIl di SMP PIRI Sleman Yogyakarta))
02471212_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN QUR'ANISASI SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIl di SMP PIRI Sleman Yogyakarta))
02471212_BAB II_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan pelaksanaan kegiatan qur' anisasi di SMP PIRI, untuk mengetahui hasil dari kegiatan qur'anisasi terhadap pembinaan akhlak, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kegiatan qur' anisasi dalam pembinaan akhlak di SMP PIRI. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PIRI Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 129 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan populasi sebanyak 50 siswa masing-masing dari 4 kelas dengan ketentuan 2 kelas diambil 15 siswa dan 2 kelas lainnya diambil IO siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis presentase, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 ). Bentuk dan pelaksanaan kegiatan qur'anisasi di SMP PIRI adalah kegiatan membaca dan memahami makna dari ayat­ayat Al-Qur'an yang dilaksanakan setiap pagi hari sebelum jam pelajaran dimulai dengan waktu 15 men it. (2). Hasil dari kegiatan qur' anisasi siswa terhadap pembinaan akhlak menunjukkan bahwa sebagian besar sikap dan perilaku siswa sudah berubah kearah yang baik, walaupun belum seratus persen. (3). Faktor penghambat dari kegiatan qur'anisasi salah satunya adalah ada beberapa siswa yang masih belum lancar dalam membaca Al-Qur'an, yakni sebanyak 5 siswa. Sedangkan faktor pendukungnya menyebutkan adanya kerjasama yang baik dari semua pihak guru dengan guru Pendidikan Agama, dengan memegang prinsip bahwa "Semua Guru adalah Guru Agama".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, i Kegiatan Qur'anisasi Siswa, Siswa Kelas VII di SMP PIRI Sleman
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2023 14:59
Last Modified: 20 Sep 2023 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum