NILAI-NILAI ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) DALAM "CERPEN ANAK KARYA LALA ST. WASILAH TAHUN 2005" SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Nurjannah Husnul Khotimah, NIM.: 02411081 (2007) NILAI-NILAI ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) DALAM "CERPEN ANAK KARYA LALA ST. WASILAH TAHUN 2005" SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) DALAM "CERPEN ANAK KARYA LALA ST. WASILAH TAHUN 2005" SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
02411081_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI ESQ (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT) DALAM "CERPEN ANAK KARYA LALA ST. WASILAH TAHUN 2005" SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
02411081_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang terdapat dalam cerpen anak karya Lala St. Wasilah tahun 2005 serta bagaimana implementasi terhadap Pendidikan Agama Islam.Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi kontribusi berarti bagi pengembangan Pendidika Agama Islam ke depan, minimal dapat memberikan altemasi bagi perkembangan Pendidikan Agama Islam yang lebih baik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui sumber literer (kepustakaan), dengan pendekatan pedagogis-psikologis, pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan interview, dan analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis) yang terdiri dari analisis isi laten dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan: dalam Cerpen Anak Karya bala St. Wasilah Tahun 2005 terkandung nilai-nilai ESQ, secara terinci seperti nilai-nilai ESQ konsep Ary Ginanjar dalam bukunya , Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, meski tidak secara menyeluruh. Konsepnya yaitu: 1) Zero mind process (penjemihan emosi), yang terdiri dari; Kekuatan Prinsip, Anggukan universal ( prasangka, tidak hati-hati, takut, minder, putus asa), Kesadaran diri, Kausalitas upaya vs hasil, Kebebasan Berfikir, Ikhlas, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan spiritual, 2) Mental Building (Membangun Emosi), yang terdiri dari; Star Principle, Angel Principle, Leadership Principle, Learning Principle, Vision Principle, Well Organized Principle, 3) Personal Streng (Ketangguhan Pribadi), yang terdiri dari; Penetapan misi (membulatkan tekad dan komitmen total), Pembangunan karakter (peningkatan ESQ, pelatihaan-pelatihan, relaksasi), Pengendalian diri, Tanggung jawab, 4) Social Streng (Ketangguhan Sosial). Kemudian dari analisa dan wawancara yang dilakukan penulis bahwasanya nilai-nilai ESQ dalam cerpen anak karya Lala St. Wasilah tahun 2005 tersebut bisa dijadikan tawaran untuk diimplementasikan dalam penyampaian Pendidikan Agama Islam baik dalam keluarga, sekolah sebagai lembaga pendidikan formal maupun TP A sebagai lembaga pendidikan non formal. Hal ini dimaksudkan sebagai variasi dalam media pembelajaran supaya lebih menarik sehingga mudah diserap ilmunya oleh anak didik. Cakupan materinya sama yaitu perihal; Keimanan, Akhlak (akhlak kepada orang tua, akhlak kepada sesama, akhlak mahrnudah. Sedangkan metode yang digunakan bisa dengan membaca, bercerita maupun acting out/ bermain peran. Nilai-nilai ESQ tidak hanya dapat disampaikan melalui pelajaran Pendidikan Agama Islam saja, tapi dapat pula melalui semua pelajaran umum, dimana dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru akan menarik pada kesimpulan yang tujuannya kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abd. Shomad, M.A.
Uncontrolled Keywords: Cerpen Anak, Nilai-Nilai ESQ, Pendiidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2023 15:12
Last Modified: 20 Sep 2023 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum