MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BER.BASIS KOMPETENSI DI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

Yufi Mafika 'Alawiyah, NIM.: 02411119 (2007) MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BER.BASIS KOMPETENSI DI MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BER.BASIS KOMPETENSI DI MAN GODEAN SLEMAN YOGY AKARTA)
02411119_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BER.BASIS KOMPETENSI DI MAN GODEAN SLEMAN YOGY AKARTA)
02411119_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pengelolaan manajemen di MAN Godean serta pelaksanaan MBS dalam implementasi KBK di MAN Godean Sleman. dengan mengajukan rurnusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Pelaksanaan MBS di MAN Godean Yogyakarta?; 2) Apa program yang dilaksanakan MAN Godean dalam merealisasikan pelaksanaan MBS dalam implementasi KBK?; 3) Apa basil yang dicapai MAN Godean dari program terse but? dengan tujuan penelitian I) Mencleskripsikan pelaksanaan MBS di MAN Godean; 2) Mendeskripsikan program MBS yang dilaksanakan MAN Godean dalam merealisasikan implementasi KBK; 3) Mendeskripsikan hasil yang dicapai dari program MBS dan Implementasi KBK. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu tinjauan dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam melalui pengelolaan Manajemen Madrasah Mandiri atau MBS. Berdasarkan data-data yang tclah peneliti kumpulkan, penclitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan administrasi pendidikan, adapun setting penelitian ini adalah MAN Godean Sleman Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah pclaksanaan MBS dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi di MAN Godean sedangkan obyek penelitian adalah semua sumber informasi mengenai pelaksanaan MBS dan implementasi KBK di MAN Godean meliputi: Kepala sekolah, Waka terkait, Guru, siswa clan Pegawai sedangkan pengumpulan data dilakukan clcngan mcngaclakan observasi, wawancara, dokumentasi serta menyebarkan angket kepada seluruh guru. Analisis data dilakukan melalui analisis tabulasi silang. yang merupakan analisis deskriptif eksploratif yaitu dengan menguraikan semua basil penelitian dengan memberi makna terhadap data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan MBS di MAN Godean masih clalam taraf berkembang dan belum mencapai hasil yang optimal dimana sekolah masih belum mampu mandiri sepenuhnya clan masih tergantung dengan pusat. 2) Dalam implementasi KBK di MAN Godean tidak terlepas dari peran MBS melalui program-program pengcmbangannya, dalam hal ini MAN Godean telah berusaha seoptimal mungkin untuk mendukung implementasi KBK melalui program-program yang dirniliki. 3) Dari kesekiai1 program yang dimiliki MAN Godean dalam mendukung implementasi KBK, ticlaklah terealisasi sepenuhnya, masih ada beberapa program yang bclum tcrcalisasi karcna bcbcrapa kcndala di antaranya belum terlaksananya MBS secara maksimal dimana sekolah masih cenderung tergantung pada pusat clan bclum rnampu mandiri scutuhnya. Namun dernikian MAN Godean terus berusaha untuk mewujudkan MBS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch Fuad
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Pengembangan Kurikulum, Kurikulun Berbasis Kompetensi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2023 15:21
Last Modified: 20 Sep 2023 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum