STUD I TENTANG PENGAJIAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG

Arif Lutfianto, NIM.: 02411123-01 (2006) STUD I TENTANG PENGAJIAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUD I TENTANG PENGAJIAN KELAS SEBAGAI UP A YA PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG)
02411123-01_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUD I TENTANG PENGAJIAN KELAS SEBAGAI UP A YA PENGAYAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG)
02411123-01_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelifrm ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengajian kelas yang berkaita:!1 dengan metode dan materi pengajian kelas di MTs Negeri Borobudur serta untuk mengetahui efektifitas pengajian kelas terhadap materi Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sUIJ1ba.'1gan pemikiran untuk mengelola pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan agama di sekolah dan sebagai upaya pengayaan bagi Penclidikan Agama Islam yang berkaitan dengan materi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar MTs Negeri Borobudur Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukan : Tujuan diadakan pengajian kelas adalah untuk membekali siswa dengan ilmu agama sehingga Siswa tidak terjerumus kedalam ha-hal negatif, pemanfaatan waktu luang, untuk memperdalam dan menambah pengetahuan keagamaan siswa. Pengayaan yang dimaksud adalah pengayaan dalam hal metode dan materi, adapun metode yang dipakai dalam pengajian kelas antara lain: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode ibrah, metode resitasi, metode pembiasaan dan metode demonstrasi. Sedangkan materi yan6 diberikan meliputi lirr;.a aspek yaitu Al Qur' an, Ibadah, Aqidah, Akhlak, dan Muamalah. Secara keseluruhan kegiatan pengajian kelas telah berhasil mencakup tiga indikator keberhasilan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil yang dicapai dari aspek kognitif adalah siswa memiliki pengetahuan agama yang luas, siswa dapat membaca dan menulis Al Qur' an dengan baik. Dari aspek afektif adalah siswa mer;:iiliki kedisiplinan dan kesadaran untuk melaksanakan ibadah dan ketaatan terhadap peraturan sekolah. Hasil yang dicapai dari aspek psikomotorik adalah siswa mampu melaksanakan sholat berjama'ah di masjid sekolah, berpakaian rapi dan membiasakan berperilaku sopan misalnya memberi salam ketika bertemu dan menghormati guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Marhumah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengajian Kelas, Pendidikan Agama Islam, Materi Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2023 15:25
Last Modified: 02 Oct 2023 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum