PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR YANG TIDAK DIRANCANG (LEARNING RESOURCES BY UTILIZATION) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERl 8 YOGYAKARTA

Nurul Istiqomah, NIM.: 02411243 (2006) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR YANG TIDAK DIRANCANG (LEARNING RESOURCES BY UTILIZATION) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERl 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR YANG TIDAK DIRANCANG (LEARNING RE)
02411243_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR YANG TIDAK DIRANCANG (LEARNING RE)
02411243_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan pemanfaatan sumber belajar yang tidak dirancang (learning resources by utilization) dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Y ogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan bahan pertimbangan bagi guru maupun staf sekolah dalam memilih maupun mendesain sumber belajar yang variatif demi menunjang Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 8 Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (I) Macam-macam sumber belajar yang tidak dirancang (learning resources by utilization) yang digunakan dalam Pendidikan Agama Islam adalah; manusia, bahan, lingkungan, alat, dan aktifitas. (2) Pelaksanaannya yaitu dengan memanfaatkan panitia pengelola zakat sebagai sumber belajar dalam materi zakat; artikel dalam materi perintah menyantuni kaum dluafa', dan pelaksanaan jama'ah shalat tarawih di tempat tinggal siswa dalam pembahasan materi shalat tarawih. Dalam prosesnya tidak ada patokan yang baku tentang bagaimana langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru dalam memanfaatkan sumber belajar tersebut. Sehingga proses pembelajaran didesain sesuai dengan kreatifitas guru PAI.(3) Di lihat dari basil belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam dengan bantuan sumber belajar yang tidak dirancang (learning resources by utilization) bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik menurut dokumen basil penilaian guru mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Learning Resources by Utilization, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:09
Last Modified: 22 Sep 2023 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum