KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU BAHASA ARAB YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN DARI NON KEGURUAN (STUDI KASUS DI MTS MAFATIKHUL HUDA JOGOSIMO KLIRONG KEBUMEN)

Siti Mudawamah, NIM.: 02421154 (2007) KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU BAHASA ARAB YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN DARI NON KEGURUAN (STUDI KASUS DI MTS MAFATIKHUL HUDA JOGOSIMO KLIRONG KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU BAHASA ARAB YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN DARI NON KEGURUAN (STUDI KASUS DI MTS MAFATIKHUL HUDA JOGOSIMO KLIRONG KEBUMEN))
02421154_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU BAHASA ARAB YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN DARI NON KEGURUAN (STUDI KASUS DI MTS MAFATIKHUL HUDA JOGOSIMO KLIRONG KEBUMEN))
02421154_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Guru adalah salah satu faktor yang berperan penting dalam proses belajar mengajar, sehingga seorang guru ditlmtut 1mtuk mempunyai kompetensi dibidangnya. Kompetensi pedagogis atau mengajar seorang guru sangat berpengaruh pada peserta didik adlam proses belajar mengajar, oleh l<arena itu suatu kegiatan pembelajaran haruslah deserahkan pada orang yang benar-benar punya kemampuan dan keahlian. Permasalahan yang ada di MTs Mafatikhul Huda Jogosimo Klirong Kebumen adalah terdapat beberapa tenaga pengajar mata pelajaran agama dimana bahasa Arab termasuk di dalamnya, yang mempunyai latar belakang pendidikan dari non keguruan. Guru tersebut tidak pemah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, mereka hanya memiliki pendidikan terakhir di Madrasal1 Aliyal1 dan Pondok Pesantren sehingga kemampuannya dalam mengajar masih dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untl1k mendeskripsikan dan menganalisis tentang kompetensi pedagogis yang dimiliki oleh guru bahasa Arab yang berasal dari non keguruan terutama dalam hal merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pengajaran. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi informasi ilmiah bagi para guru khususnya yang berlatar belakang dari non keguruan dalam usal1a meningkatkan kompetensinya demi keberhasilan KBM yang dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan ( observasi), wawancarn dan doknmentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru bahasa Arab yang mempunyai latar belakang pendidikan dari non keguruan sudah memiliki heberapa kompetensi yang dapat menunjang dalam pelaksanaan KBM diantaranya: guru mempunyai kemampuan dalam menguasai bahan pelajaran dan mampu beriteraksi dengan siswa. Dalam kegiatan perencanaan pengajaran, guru tidak memiliki kemampuan karena tidak menyusun perangkat pembelajaran dan program-program pengajaran. Sedangkan dalam kegiatan evaluasi, guru sudah memiliki kemampuan yaitu dengan menyusun alat penilaian dan mengadakan prQgram perbaikan serta pengayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Arab, Kompetensi Kepribadi, Kompetensi Profesional
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:45
Last Modified: 27 Oct 2023 15:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60515

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum