STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Siti Khotimah, NIM.: 02421278 (2006) STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
02421278_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
02421278_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca literatur berbahasa Arab serta seberapa besar korelasinya terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswi Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun jumlah populasi adalah sebanyak 30 orang, karena yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah khusus kelas I dan II MAK putri. metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes lisan serta tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus regresi linier sederhana dengan alat bantu SPSS. Sebelum analisis data dilakukan, terlebih dahulu diuji dengan uji linieritas dan pengujian hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan membaca literatur berbahasa Arab siswi MAK Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta adalah cukup. (2) Prestasi belajar bahasa Arab siswi MAK Ali Maksum adalah baik. (3) Pengajaran membaca literatur berbahasa Arab di MAK Ali Maksum lebih ditekankan pada qowa'id (tata bahasa), arti kata/ penerjemahan, serta pemahaman terhadap teks atau literatur yang dibaca. ( 4) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca literatur berbahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab siswi MAK Ali Maksum. (5) hasil perhitungan regresi diperoleh harga F hitung (11,229) > F tabel ( 4,20) pada taraf signifikansi 5 %. Artinya Hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berbunyi " Korelasi antara kemampuan membaca literatur berbahasa Arab dengan prestasi belajar bahaa Arab Siswi MAK Ali Maksum mempunyai pengaruh yang signifikan satu sama lain ", dan Hipotesis nol (Ho) ditolak yang berbunyi " Korelasi antara Kemampuan membaca literatur berbahasa Arab tidak berpengaruh secara signifikan dengan prestasi belajar bahasa Arab siswi MAK Ali Maks um Krapyak Y ogyakarta", dan sumbangan korelasinya cukup karena r hitung yang diperoleh sebesar 0,536. sedangkan harga koefisien determinasinya (R2) sebesar 0,288. ini berarti bahwa adanya pengaruh antara kemampuan membaca literatur berbahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab scbcsar 28,8%, scdangkn 71,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini seperti lingkungan, psikologi siswa, pembiasaan, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi
Uncontrolled Keywords: Metode Pengajaran, Literatur Bahasa Arab, Membaca
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:58
Last Modified: 22 Sep 2023 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum