METODE SAM'IYYAH SYAFAWIYYAH DALAM PENGAJARAN MUHADATSAH KELAS IT MTS MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Muslihah, NIM.: 02421427 (2007) METODE SAM'IYYAH SYAFAWIYYAH DALAM PENGAJARAN MUHADATSAH KELAS IT MTS MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE SAM'IYYAH SYAFAWIYYAH DALAM PENGAJARAN MUHADATSAH KELAS IT MTS MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
02421427_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (METODE SAM'IYYAH SYAFAWIYYAH DALAM PENGAJARAN MUHADATSAH KELAS IT MTS MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
02421427_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Metode Sam'iyah Syafawiyah dalam Pengajaran Muhadatsah, yang meliputi tentang Iatar belakang penggunaa Metode Sam'iyah Syafawiyah, tujuan dari penggunaan Metode Sam'iyah Syafawiyah, serta peiaksanaan pengajaran dengan menggunakan Metode Sam'iyah Syafawiyah. Juga membahas tentang bagaimana pengajaran Muhadatsah itu sendiri. Basil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi Karya Tulis Ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang metode Sam'iyah Syafawiyah terutama da1am pengajaran Muhadatsah khususnya dan pengajaran Bahasa Arab umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian Japangan ( field research ) dengan mengambil lokasi di Madrasah Mu'allimaat Muhrumnadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengru1 menggunakan beberapa metode, diantru·ru1ya adalal1 metode Observasi, Metode Interview atau Wawancara, dan Metode Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis desI-aiptif, yaitu mengumpulkan dan meny11sun suatu data kemudian diusal1akan adanya analisis dan interpretasi atau penafsiran dari data tersebut dengan pola pikir deduliif dan induktif Hasil pene1itian menunjukkan : bahwa peJaksanaan pengajaran Muhadatsah siswi kelas II Madrasal1 Tsanawiyah Mu'allimaat Muhatnmadiyah Yogyakarta dengan menggunakan metode Sam'iyal1 Syafawiyah bisa di lakukan dalrun setiap kesempatan. Tetapi guru bidang studi juga terkadang menggunakru1 metode yang lain guna sebagai variasi dari pada pengajaran metode itu sendiri agar tidak terkesan monoton. Dan walaupun men&,oUI1akan metode yang Iain, metode tersebut tetap mendukung pengajaran Muhadatsah. Di satnping itu, hasil yru1g diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pengajaran Muhadatsah menggunakan kurikulum sendiri, yakini kurikulum buatan Madrasal1 Mu'allimaat bekerjasama dengrui Madrasal1 Mu'allimiin Muhammadiyah Y ogyakarta. Hal ini dalam rangka melaksru1akan upaya yang dicanangkan oleh Peme1intal1 yakni program otonomi sekolal1 melalui krnikulum BSPN ( Badru1 Standar Pendidikan Nasional ). Sedangkan buku yang digunakan sebagai pegangan siswi adalah "Kaija Nabda', Ta'liimul Lughoh Al-Arobiyah". Dru1 guru bidang studi terkadang menggunakan buk'U pegangan yang lain, yaitu buku terbitan dari Gontor " Hadiitsul Yaumiyah'

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M
Uncontrolled Keywords: Metode Sam'iyah Syafawiyah, Pengajaran Bahasa Arab, Kemahiran Berbicara
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:04
Last Modified: 22 Sep 2023 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum