PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII MTsN SLEMAN KOTA YOGYAKARTA

Suprapti, NIM.: 02451221 (2006) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY POKOK BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII MTsN SLEMAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRYPOKOK BAHASA.t)
02451221_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRYPOKOK BAHASA.t)
02451221_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, untuk rnengetahui apakah siswa kelas VIII MTsN Slernan Kota Y ogyakarta tahun ajaran 2006/ 2007 dapat rnelaksanakan pendekatan guided inquiry dalarn proses belajar pada rnateri gerak pada turnbuhan. Kedua, untuk rnengetahui banyaknya siklus ketercapaian pemaharnan dalam proses belajar dengan pendekatan guided inquiry. Ketiga, mengetahui tingkat pernahaman pada setiap siklus menurut taksonomi Bloom yang meliputi translasi, interpretasi, ekstrapolasi dan jastifikasi pada setiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D MTsN Sleman Kota tahun ajaran 2006/ 2007. Data yang dikumpulkan berupa data keterlaksanaan pendekatan guided inquiry dalatn pembelajaran dan aktifitas siswa dalatn pernbelajaran dengan pendekatan guided inquiry tersebut. Data kemampuan pemahaman siswa menurut Bloom yang meliputi translasi, interpretasi, ekstrapolasi dan jastifikasi diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan oleh siswa. Untuk mengetahui kernatnpuan pernahatnan konsep secara umum dinilai dari hasil rata-rata pre-test dan post-test. Data keterlaksanaat1 pembelajaran dengan pendekatan guided inquiry diperoleh dengan rnengobservasi selarna proses kegiatan berlangsung. Data pernahaman siswa yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test dianalisis sacara kualitatif dengan memaparkan frekuensi dan persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas VIII MTsN Sleman Kota Y ogyakarta tahun ajaran 2006/ 2007 mampu melaksanakan pendekatan guided inquiry dalatn pembelajara11 pada pokok bahasa11 gerak pada tumbuhan. Banyak11ya siklus ketercapaian pembelajaran dengan pendekatan guided inquiry adalah 2 siklus. Hasil yang diperoleh menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan pemaharnan mulai dari translasi, interpretasi, ekstrapolasi dan jastifikasi pada rnasing-msing siklus. Tingkatan pemal1atnan ya11g mengalatni peningkata11 dari siklus I ke siklus II adalah interpretasi, sedangkan yang lain mengalatni penurunan. Jika dilihat dari besarnya persentase masing-masing tingkat pemahatnan maka pemalmman pada tingkat ekstrapolasilah yang menunjukkan nilai paling besat·.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Sains dan Biologi, Pendekatan Guided Inquiry
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:37
Last Modified: 22 Sep 2023 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum