PENERAPAN STRATEGI ACTlVE KNOWLEDGE SHARING DAN CROSSWORD PUZZLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA

Veriningtyas Sepzyana, NIM.: 02460988 (2006) PENERAPAN STRATEGI ACTlVE KNOWLEDGE SHARING DAN CROSSWORD PUZZLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGl ACTlVE KNOWLEDGE SHARING DAN CROSSWORD PUZZLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUA.LITAS PEMBELAJARAN FISIKA)
02460988_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGl ACTlVE KNOWLEDGE SHARING DAN CROSSWORD PUZZLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUA.LITAS PEMBELAJARAN FISIKA)
02460988_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan strategi active knowledge sharing dan crossword puzzle dalam pembelajaran fisika pokok bahasan besaran dan satuan serta tmtuk mengetalmi peningkatan basil pembelajaran fisika dengau menggunakan strategi active knowledge sharing dan crossword puzzle. Metodologi penelitian yang digunakan adalal1 penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Reseach). Subyek penelitian ini adalall siswa kelas XA MAN Y ogyakarta I. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yait:n metode dokumentasi, observasi, angket, tes dan wawancara. Data yang diambil adalah angket, data observasi, nilai pretest, nilai posstest, nilai evaluasi siktus. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Penerapan st:rategi active knowledge sharing dan crossword puzzle dalam pembelajaran fisika pokok bahasan besaran dan satuan di MAN Y ogyakaita I Tahun Pembelaja1·a11 2006/2007 mendapat respons bagus daii siswa. Hal ini ditandai dari sikap antusias siswa dalain melakukan proses kegiatan belajai· mengajar fisika dan dittmjukkan dari hasil pengamatan ( observasi). Pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi active knowledge sharing dan crossword puzzle mengalami peningkatan hasil yakni ditandai dengan semakin besamya antusias siswa unt:uk mengikuti mata pelajaran fisika. Siklus 1 dan 2 dinyatakan berhasil, hal ini diketahui dari nilai-nilai siswa yang rata-rata terletak di atas 7,0 yait:u sebesar 76,3 % untuk siklus 1 dan unt:uk siklus 2 sebesar 60,6 % .. Angka persentase yang didapatkan pada siklus 2 tidak sebesai· pada angka persentase pada siklus 1. Hal ini dikai·enakan materi pelaja:ran pada siklus 2 tidak semudah seperti pada siklus 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika, Active Learning, Materi Besaran dan Satuan
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 12:58
Last Modified: 22 Sep 2023 12:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum