POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA TENAGA KERJA WANITA DI DESA SUKAGUMIWANG, KECAMATAN SUKAGUMIWANG, KABUPATEN INDARAMAYU, JAWA BARAT

Fauziyah Agustina, NIM.: 18105040086 (2023) POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA TENAGA KERJA WANITA DI DESA SUKAGUMIWANG, KECAMATAN SUKAGUMIWANG, KABUPATEN INDARAMAYU, JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA TENAGA KERJA WANITA DI DESA SUKAGUMIWANG, KECAMATAN SUKAGUMIWANG, KABUPATEN INDARAMAYU, JAWA BARAT)
18105040086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA TENAGA KERJA WANITA DI DESA SUKAGUMIWANG, KECAMATAN SUKAGUMIWANG, KABUPATEN INDARAMAYU, JAWA BARAT)
18105040086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, masih banyak warga negara Indonesia khususnya perempuan yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW). Di Desa Sukagumiwang sendiri terdapat 15 keluarga dari 750 keluarga yang menjadi TKW. Faktor ekonomi menjadi alasan kuat bagi para ibu rumah tangga yang memilih untuk menjadi TKW di luar negeri. Mereka memiliki harapan jika kelak mampu mensejahterakan keluarganya. Dari 15 keluarga tersebut, 10 diantaranya menjadi informan penulis. Dalam suatu keluarga tentu terdapat orang tua yang terdiri dari ayah dan ibu sebagai pendidik dan anak sebagai terdidik. ketiadaan sosok seorang ibu yang pada dasarnya menjadi pendidik pertama bagi anaknya tentunya akan membawa juga dampak yang berbeda dalam pertumbuhan seorang anak. Oleh karenanya, peran seorang ibu juga sangat penting dalam mendidik anak di lingkungan keluarga. Selain itu pendidikan agama menjadi perhatian utama bagi keluarga TKW. Penelitian ini fokus kepada pola asuh keluarga TKW terhadap anak yang mereka didik. Baik itu dimulai pendidikan dari internal keluaraga sampai kepada pendidikan keagamaan yang diberikan kepada anak yang diasuh. Penelitian ini menggunakan teori Baumrind tentang pola asuh, dan juga menggunkan teori kontrol sosial. Jenis penelitian ini bersifat lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung dan wawancara kepada para informan serta dilengkapi dengan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pola asuh anak dalam keluarga TKW di Desa Sukagumiwang, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa pola asuh anak dalam keluarga TKW di Desa Sukagumiwang ada dua macam yaitu pola asuh permisif dan pola asuh otoriter. Dampak sosial kagamaan yang dialami oleh anak dalam keluarga TKW di Desa Sukagumiwang antara lain minimnya kontrol orang tua berawal dari kesibukan orang tua dalam beraktivitas baik itu aktivitas di luar rumah ataupun din dalam rumah. Upaya orangtua dalam mengatasi dampak sosial keagamaan anak dalam keluarga TKW di Desa Sukagumiwang diantaranya, memberikan perhatian khusus terhadap anak dan mengontrol perkembangannya. Sesuain dengan elemen kontrol sosial yang empat, attachment, involvement, commitment, belief. serta memberikan pembiasaan dan keteladaan terhadap anak. Selain itu para pengasuh juga memasrahkan para anak kepada beberapa lembaga keagamaan untuk belajar ilmu agama dan juga yang lainnya. Lingkungan pergaulan yang baik juga menjadi syarat utama untuk membentuk karakter anak yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M. Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; TKW; nilai-nilai agama
Subjects: Sosiologi Agama
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Sep 2023 09:57
Last Modified: 25 Sep 2023 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum