PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MADRASAH DINIYYAH AL-MAARIF KLATEN JAW A TENGAH

Taufiq Rokhman, NIM.: 0041 0093 (2005) PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MADRASAH DINIYYAH AL-MAARIF KLATEN JAW A TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MADRASAH DINIYYAH AL-MAARIF KLATEN JAW A TENGAH)
00410093_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA MADRASAH DINIYYAH AL-MAARIF KLATEN JAW A TENGAH)
00410093_BAB II _BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang formulasi pemikiran pendidikan menurut al-Ghazali dan relevansinya dengan pengembangan kepribadian siswa di Madrasah Diniyyah Al-Maarif Klaten Jawa Tengah. Disamping itu, penelitian ini bermaksud menganilisis aplikasi relevansi konsep pendidikan menurut al-Ghazali dengan pengernbangan kepribadian siswa di Madrasah Diniyyah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatit dengan mengambil latar Madrasah Diniyyah AI-Maarif Klaten Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: l) Pemikiran pendidikan al-Ghazali merniliki relevansi dengan pengembangan kepribadian siswa, yang meliputL aspek pembentukan karakter siswa yang memiliki kepribadian muslim secara utuh, aspek perilaku dan tanggung jawab sosial siswa dan aspek pemaharnan keimanan (teologis) siswa. 2) Aplikasi pemikiran pendidikan al-Ghazali dengan pengembangan kepribadian siswa di Madrasah Diniyyah Al-Maarif Klaten diwujudkan dalam visi dan misi madrasah, kurikulum dan mata pelajaran, metode pengajaran, peran subjek pendidikan serta faktor-faktor yang mempengarui perkembangan kepribadian meliputi ; lingkungan keluarga, sekolah, budaya masyarakat dan teman sepennainan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: guru; karyawan; siswa; teologis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Madrasah Diniyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Sep 2023 10:38
Last Modified: 25 Sep 2023 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60557

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum