KAJIAN TERHADAP TRADISI PEMBACAAN SHALAWAT BURDAH DI PONDOK PESANTREN KANZUL ABROR DESA KUTOSARI KEBUMEN (STUDI LIVING HADIS)

Roihan Arif Mubarok, NIM: 18105050079 (2023) KAJIAN TERHADAP TRADISI PEMBACAAN SHALAWAT BURDAH DI PONDOK PESANTREN KANZUL ABROR DESA KUTOSARI KEBUMEN (STUDI LIVING HADIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN TERHADAP TRADISI PEMBACAAN SHALAWAT BURDAH DI PONDOK PESANTREN KANZUL ABROR DESA KUTOSARI KEBUMEN (STUDI LIVING HADIS))
18105050079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN TERHADAP TRADISI PEMBACAAN SHALAWAT BURDAH DI PONDOK PESANTREN KANZUL ABROR DESA KUTOSARI KEBUMEN (STUDI LIVING HADIS))
18105050079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini, dilatarbelakangi oleh kegiatan pembacaan shalawat Burdah di PP Kanzul Abror Kebumen yang memiliki tujuan untuk menambah baik segi iman, islam, dan ihsannya serta semata-mata untuk mencari ridha Allah Swt. Maka dari itu, penulis tertarik untuk meneliti dimana tradisi pembacaan shalawat Burdah yang berkembang di PP Kanzul Abror Kebumen. Terdapat tiga masahalah yang diteliti oleh peneliti. Pertama, apa yang melatarbelakangi pembacaan shalawat Burdah. Kedua, begaimana pemahaman pelaku tentang shalawat. Keitga, bagaimana relasi hadis dengan tradisi pembacaan shalawat Burdah di PP Kanzul Abror. Terkait menjawab persoalan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode deskriptif kulaitatif. Adapun teori yang digunakan oleh peneliti menggunakan teori fungsional. Teori ini untuk menggali aspek fungsi informatif dan performatif. Pada aspek informatif penulis menganalisis pada praktik pembacaan shalawat Burdah terhadap relasi hadis yang menjadio landasan dan digunakan oleh pengamal Burdah di PP Kanzul Abror Kebumen. Kemudian, aspek performatif penulis mengkaji pada makna dan arti penting bagi pelaku atau jamaah pembacaan shalawat Burdah di PP Kanzul Abror Kebumen. Teori ini dijadikan sebagai pisau analisis penulis untuk menjawab rumusan masalah. Hasil dan pembahasan: Pertama, praktik pembacaan shalawat Burdah di PP Kanzul Abror Kebumen merupakan media untuk berdakwah dan membimbing santri dan masyarakat agar kokoh dalam iman, islam, dan ihsannya. Kedua, pada pelaksanaan pembacaan shalawat Burdah dilandasi oleh al-Qur’an dan hadis Nabi saw. Namun, bagi jamaah kebanyakan hanya mengikuti dan tidak mengetahui landasan al-Qur’an dan hadisnya. Ketiga, makna yang terkandung pada pembacaan shalawat Burdah adalah amalan dzikir untuk mencari ridha Allah Swt dan menghimpun doa-doa baik mendoakan untuk para pencari ilmu, untuk mendoakan orang yang sakit, untuk mendoakan orang yang kepailitan atau bangkrut dalam membangun ekonomi dan orang yang fakir dan miskin, yang terakhir untuk mendoakan keluarga yang sedang masalah yang tak kunjung selesai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dadi Nurhaedi S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Living Hadis, Shalawat Burdah, Teori Fungsional.
Subjects: Hadis > Kumpulan Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Sep 2023 15:48
Last Modified: 25 Sep 2023 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum