IDENTIFIKASI SENYAWA UTAMA PENYUSUN MINYAK DAUN SIRIH DENGAN KROMATOGRAFI GAS -SPEKTROSKOPI MASSA (Sebagai Sumber Belajar di Madrasah Aliyah)

Kustejo, NIM.: 00440230 (2005) IDENTIFIKASI SENYAWA UTAMA PENYUSUN MINYAK DAUN SIRIH DENGAN KROMATOGRAFI GAS -SPEKTROSKOPI MASSA (Sebagai Sumber Belajar di Madrasah Aliyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI SENYAWA UTAMA PENYUSUN MINYAK DAUN SIRIH DENGAN KROMATOGRAFI GAS -SPEKTROSKOPI MASSA (Sebagai Sumber Belajar di Madrasah Aliyah))
00440230_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI SENYAWA UTAMA PENYUSUN MINYAK DAUN SIRIH DENGAN KROMATOGRAFI GAS -SPEKTROSKOPI MASSA (Sebagai Sumber Belajar di Madrasah Aliyah))
00440230_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan isolasi minyak daun sirih yang terdapat dalam daun sirih jawa yang dipetik dari Desa Candirejo, Kee. Bawang , Kab. Batang, Jawa Tengah. Isolasi minyak daun sirih dilakukan dengan cara destilasi uap dengan memvariasi waktu destilasi yakni 2 jam, 3 jam, 4 jam, 5 jam, dan 6 jam. Destilat diekstraksi dengan menggunakan pelarut dietil eter. Ekstrak dipisahkan lapisan atas diberi Na2SO4 anhidrat. Eter diuapkan dengan cara dibiarkan di tempat terbuka, diperoleh minyak berwarna bening agak kekuning-kuningan dan mempunyai bau yang khas, sedap, pedas, sengak, tajam, dan merangsang. Variasi waktu destilasi memberikan hasil waktu optimum destilasi uap minyak daun sirih adalah 5 jam. Identifikasi Komponen dilakukan dengan kromatografi gas HP 5890. Identifikasi selanjutnya menggunakan alat GC-MS shimadzhu QP 5000. diperoleh 6 komponen utama minyak daun sirih yakni Terpineol 2,39%, Kavikol 12,63%, 4-Allylphenil asetat 17,30%, Eugenol 19,46%, Eugenil Asetat 12,42%, 4-Allyl-1,2-diasitoksibenzena 13,53%. Dari hasil pengkajian secara teori, hasil penelitian ini berpotensi sebagai perlengkap dan sumber belajar pokok bahasan Benzena dan turunannya bagi siswa MA kelas 3 semester 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Susy Yunita P., M.Si
Uncontrolled Keywords: fragmentasi; sumber belajar; daun sirih; ekstraksi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Sep 2023 14:45
Last Modified: 25 Sep 2023 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60589

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum