TAUHID SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM {Telaah Atas Pemikiran Ismail Raji' Al-Faruqi)

Sumardiyono, NIM. 0247 1232 (0111) TAUHID SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM {Telaah Atas Pemikiran Ismail Raji' Al-Faruqi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAUHID SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM {Telaah Atas Pemikiran Ismail Raji' Al-Faruqi))
02471232_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TAUHID SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM {Telaah Atas Pemikiran Ismail Raji' Al-Faruqi))
02471232_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji secara mendalam pemikiran pen<li<likan Ismail Raji' al­Faruqi khususnya tentang tauhid sebagai paradigma pendidikan Islam. Dalam skripsi dimulai dengan pandangan Ismail Raji' al-Faruqi dan para ilmuan Muslim tentang konsep pendidikan Islam (pengertian dan tujuan), dan tauhid sebagai paradigrna pendidikan Islam, dan terakhir implikasi tauhid bagi pendidikan Islam di Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini dikaji dengan berbagai pendekatan yaitu: (a). Pendekatan historis yaitu suatu analisis yang berangkat dari pengungkapan­pengungkapan kembali kejadian atau peristiwa yang telah lalu berdasarkan urutan waktu atau analisis yang berangkat dari sejarah. (b). Pendekatan filosofis, maksud pendekatan filosofis dalam penelitian ini adalah menganalisa pemikiran Ismail Raji' al-Faruqi tentang tauhid sebagai paradigma pendidikan Islam. (c). Pendekatan paedagogis, maksud dari pendekatan paedagogis dalam penelitian ini adalah untuk rnengungkapkan berbagai semboyan serta konsep dari pemikiran Ismail Raji' al­Faruqi agar dapat dipahami secara mudah. Hasilnya diuraikan dengan metode deduktif dan induktif. Pendidikan Islam selama ini mengalami kemunduran dan tidak sesuai dengan tujuan awal membentuk al inscin al kcimil untuk harus dikembalikan seperti sernula, yaitu pendidikan yang berintikan tauhid dengan tujuan membcntuk manusia yang baik dan bertakwa yang menyembah Allah dalam arti yang sebenamya, yang memhangun struktur pribadinya sesuai dengan syariah Tslarn scrta mclaksanakan scgcnap aktd1tas kcschariannya scbagai wujuJ kctunJul--arl!l_\ a paJa Tuhan. Pendidikan Islam (Islamic l:ducation) yang berangkat dari dua sumber utamanya yaitu Al-Qur'an dan Hadits yang telah rnernberikan deskript[f yang ada dalam dunia pendidikan. Al Qur' an dan sunah Nabi adalah sumber dan dasar ajaran yang memberikan rnotivasi dan bimbingan bagi manusia dalam perilaku sosialnya. Pendidikan Islam tidak menghasilkan Muslim yang diharapkan, karena pendidikan yang mereka terima cenderung menjauhkan mereka dari visi keislaman. Dalam konteks inilah al-Faruqi mencoba mengembalikan visi keislaman ummat melalui jalur pendidikan yang serasi dengan zaman dan agama, dengan menjadikanya tauhid sebagai paradigma pendidikan Islam dan al-Qur'an dan Hadist sebagai sumber utarnanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muh. Agus Nuryat110, MA, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Tauhid, Paradigma Pendidikan Islam, Pemikiran Tsma'il Raji al Faruqi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:56
Last Modified: 26 Sep 2023 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60599

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum