PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA TARBYAH TSAQOFIY AH (TTS) ISLAMIYAH DEWAN PENGURUS DAERAH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KABUPATEN SLEMAN

Edy Mustofa, NIM. 03410067 (2008) PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA TARBYAH TSAQOFIY AH (TTS) ISLAMIYAH DEWAN PENGURUS DAERAH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA TARBYAH TSAQOFIY AH (TTS) ISLAMIY AH DEWAN PENGURUS DAERAH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KABUPATEN SLEMAN)
03410067_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA TARBYAH TSAQOFIY AH (TTS) ISLAMIY AH DEWAN PENGURUS DAERAH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KABUPATEN SLEMAN)
03410067_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pcnclitan ini bcrtujuan untuk mcndeskripsikan pembclajaran agama Islam di Tarbiyah Tsaqofiyah (TTs) Islamiyah Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Sleman dengan memaparkan aktivitas pembelajarannya, dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaanya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan keasadaran bagi siapapun untuk senantiasa belajar dan mengajarkan Islam, serta memberikan alternative dalam pengembangan mutu pendidikan Islam. Selain itu, tentunya memberikan masukan terhadap Tarbiyah Tsaqofiyah (Tis) Islamiyah dalam upaya perbaikan dari waktu kc waktu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil Jatar Tarbiyah Tsaqofiyah (Tis) Tslamiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan mcngadakan pcngamatan terlibat (Participant Observation), wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif analitik, karena data yang ada dalam penulisan ini bukan berbentuk angka, akan tetapi dalam bentuk laporan atau dalam bentuk uraian desk1 iptif analitik non statistic. Adapun metode yang digunakan adalah metode deduktif, yaitu perolehan data atau keterangan-keterangan yang bersifat umum, kemudian diolah untuk mendapatkan rincian yang bersifat khusus. Has ii penelitian menunjukkan : (I) Tarbiyah Tsaqofiyah (TTs) Islamiyah mcr·1pakan lcmbaga pendidikan Islam nonformal bentukan Partai Keadilan Sejahter::i. Kabupaten Sleman. Tujuan awalnya merupakan sebuah proses pcndidikan dalam kerangka kaderisasi dan mobilisasi kader, namun karena dinilai berpotensi untuk bcrkembang lebih besar, kemudian di buka untuk umum dan mcmpunyai misi mcnjadi Sekolah Tinggi Tarbiyah Jslamiyah (STfI). (2) Proses belajar mcngajar memadukan antara konsep Ma 'had Jslamiyah (Lembaga Pcndidikan Islam) dan sekolah tinggi Islam. (3) Berhasil dan tidaknya sebuah proses pembelajaran Agama Islam dalam mewujudkan harapan yang ideal tidak akan terlepas dari kendala-kendala. Adapun kendala-kendala yang dialami adalah pertama: Diantara mereka yang cuti kuliah dikampus maupun di Tis. kemudian tidak melanjutkan lagi. Kedua : Kesibukan mereka dikampus, karena sebagian besar dari mereka adalah aktivis kampus, sehingga tidak sempat meluangkan waktu untuk mengikuti proses perkuliahan di Tis, terutama ketika mereka memasuki semester V dan VI di TTs maupun dikampus. Ketiga: Selain itu, yang menjadi penyebab lain adalah (namun prosesntasenya kecil), keikutsertaan mereka hcrsama istri/suaminya. Kctika sudah mcnikah kcmudian berpindah daerah tcmpat tinggal, sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan perkuliahan lagi. Ada juga yang bckc

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Semedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran agama Islam, Tsaqofiyah (TTS) Islamiyah, PKS Kabupaten Sleman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:11
Last Modified: 26 Sep 2023 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum