KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN

Wijayanto, NIM. 03410122 (2007) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN)
03410122_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN)
03410122_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri l Kutowinangun Kebumen. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, da.11 dari makna itulah dita.rik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan:. ( l) Guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Kutowinangun dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran telah memenuhi syarat sebagai guru yang mempunyai kompetensi pedagogik yakni memiliki kemampuan dalam mengelola pembelajaran. Hal ini didasarkan pad.a beberapa hal: Pertama, kemampuan dalam merencanakan program pembelajaran, guru pendidikan agama Islam mampu menentukan tujuan intruksional khusus (indikator) secara operasional dan dapat diukur. Kedua, kemampuan dalam mengelola pembelajaran meliputi upaya pengkondisian siswa maupun kemampuan menggugah semangat belajar melalui pemberian motivasi siswa. Ketiga, kemampuan menggunakan sumber belajar secara tepat dan bervariasi. Keempat, kemampuan mengolah metode pembelajaran secara kreatif dan tepat. Dan kelima, kemampuan dalam membuat perencanaan evaluasi pembelajaran serta penerapan program tindak lanjut melalui pemberian perbaikan (remidiasi) dan pengayaan. (2) Keprofesionalan guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Kutowinangun dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran terlihat pada kemampuan menguasai bahan materi pembelajaran yang akan diajarkan secara luas dan mendalam serta strategi pengembangannya yang meliputi upaya memadukan materi dengan sudut pandang yang berbeda dan menyajikan dengan isu-isu kontemporer. (3) Upaya meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan agama Islam dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: a) penyaringan guru agama baru yang kompeten baik dari segi keilmuan maupun metodologinya. b) pengiriman guru untuk mengikuti penataran atau seminar. c) sharing ide dengan guru bi dang studi, guru non bidang studi dan kepala sekolah, d) memanfaatkan sumber atau potensi sekolah maupun di luar sekolah. e) melalui wadah Musyawaral1 Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik dan profesional , guru pendidikan agama Islam, SMA Negeri 1 Kutowinangun Kebumen
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:37
Last Modified: 26 Sep 2023 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum