Konstruksi Pemikiran Hadis Ulama Lombok (Studi Pemahaman Hadis Tuan Guru H. Munajib Khalid atas Tema Tradisi Keagamaan Masyarakat Tradisional)

Salman Al Farisi, NIM.:20205031039 (2023) Konstruksi Pemikiran Hadis Ulama Lombok (Studi Pemahaman Hadis Tuan Guru H. Munajib Khalid atas Tema Tradisi Keagamaan Masyarakat Tradisional). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Konstruksi Pemikiran Hadis Ulama Lombok (Studi Pemahaman Hadis Tuan Guru H. Munajib Khalid atas Tema Tradisi Keagamaan Masyarakat Tradisional))
20205031039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Konstruksi Pemikiran Hadis Ulama Lombok (Studi Pemahaman Hadis Tuan Guru H. Munajib Khalid atas Tema Tradisi Keagamaan Masyarakat Tradisional))
20205031039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada adanya pengkajian atas tema-tema tradisi keagamaan Masyarakat Lombok yang dilandaskan pada hadis Nabi. Pengkajian ini dilakukan oleh tokoh ulama Lombok yakni Tgh. Munajib Khalid dalam karyanya, “Meriri Benang Kerukut”. Karya ini menggunakan bahasa Sasak, bahasa yang digunakan sehari-hari oleh Masyarakat Gunungsari, Lombok Barat. Dalam karya tersebut memuat berbagai tema, baik yang berkaitan dengan tema Tauhid, Fiqh, dan Tasawuf. Tema-tema tradisi keagamaan seringkali menjadi sasaran kelompok modernis dengan mengklaimnya sebagai suatu perkara bid’ah. Melalui buku ini, “Meriri Benang Kerukut” penulis mengulasnya guna menemukan pemahaman yang komprehensif terhadap tema tradisi keagamaan yang dirumuskan dengan menggunakan narasi hadis. Penelitian ini bersifat library research (penelitian kepustakaan), dengan pendekatan konstruksi realitas sosial. Tesis ini berusaha menjawab persoalan tentang Pertama, mengapa Ulama Lombok Barat: Tgh. Munajib Khalid melakukan pengkajian hadis tentang tema tradisi keagamaan Masyarakat tradisional. Kedua, Bagaimana metode pemahaman hadis Tgh. Munajib Khalid atas tema tradisi keagamaan Masyarakat tradisional. Pendekatan ini menyingkap rumusan masalah di atas bahwa terbentuknya pengajian hadis oleh Tgh Munajib Khalid tentang tradisi keagamaan Masyarakat disebabkan oleh Pertama, realitas sosial keagamaan Masyarakat Gunungsari, Lombok Barat mengalami gejolak pemikiran antar kelompok Islam tradisionalis dengan kelompok aliran Islam modernis, pergulatan ini disebabkan aliran kelompok Islam modernis menggebor-geborkan tradisi keagamaan tersebut termasuk dalam perkara bid’ah. Kedua, realitas mayoritas Masyarakat Gunungsari berkeyakinan berpaham pada ahlu sunnah wal jamaah. Ketiga, organisasi yang berperan besar di wilayah Gunungsari, Lombok Barat ialah organisasi sosial masyarakat Nahdlatul Ulama (NU). keempat, realitas tokoh Tgh. Munajib Khalid sebagai tokoh keagamaan yang menjadi tumpu Masyarakat dalam melihat fenomena keagamaan yang berkembang. Metode dan pendekatan dalam memahami hadis tentang tradisi keagamaan Masyarakat tradisional yang digunakan Tgh. Munajib Khalid ialah metode tematik, dengan pendekatan sosiologis-historis, Bahasa, ushul fiqh. Selain itu, Tgh. Munajib juga menggunakan qiyas dalam melakukan pemahaman hadis terhadap tema tradisi Keagamaan yakni dengan qiyas Sabahi ataupun qiyas illat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Saifuddin Zuhri, S.Th.I., M.A
Uncontrolled Keywords: realitas sosial; Ulama Lombok; Tgh. Munajib Khalid; tradisi keagamaan; pemikiran, Hadis.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:36
Last Modified: 27 Sep 2023 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum