PENGARUH, SIKAP DAN KONTEKS AKTOR DALAM PEMBANGUNAN RUMAH IBADAT GEREJA INJILI TANAH JAWA (GITJ) DERMOLO KEMBANG JEPARA

Zulfatur Rofi’ah, NIM: 21205021001 (2023) PENGARUH, SIKAP DAN KONTEKS AKTOR DALAM PEMBANGUNAN RUMAH IBADAT GEREJA INJILI TANAH JAWA (GITJ) DERMOLO KEMBANG JEPARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH, SIKAP DAN KONTEKS AKTOR DALAM PEMBANGUNAN RUMAH IBADAT GEREJA INJILI TANAH JAWA (GITJ) DERMOLO KEMBANG JEPARA)
21205021001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH, SIKAP DAN KONTEKS AKTOR DALAM PEMBANGUNAN RUMAH IBADAT GEREJA INJILI TANAH JAWA (GITJ) DERMOLO KEMBANG JEPARA)
21205021001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini berjudul ―Pengaruh, Sikap dan Konteks Aktor dalam Pembangunan Rumah Ibadat Gereja Injili Tanah Jawa (GITJ) Dermolo Kembang Jepara‖ merupakan penelitian lapangan yang dilatarbelakangi oleh pengaruh, sikap dan konteks aktor dalam Pembangunan Rumah Ibadat GITJ Dermolo. Setiap aktor memiliki faktor tersendiri dalam merespon pembangunan GITJ Dermolo. Jemaat Kristen Dermolo memiliki langkah-langkah dalam peresmian GITJ Dermolo, dengan adanya surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006/ Nomor 8 Tahun 2006. Sebagian warga di Desa Dermolo tidak setuju adanya IMB tersebut. Jemaat Kristen Dermolo terus memperjuangkan keadilan sampai kurang lebih selama 19 tahun. GITJ Dermolo dapat diresmikan oleh pemerintah kebupaten Jepara dengan IMB yang sama. Relasi pemeluk lintas agama juga berjalan dengan baik setelah adanya peresmian GITJ Dermolo. Peran umat Muslim dan Jemaat Kristen Dermolo mampu menciptakan kerukunan umat beragama di Desa Dermolo setelah adanya peresmian GITJ Dermolo. Dalam melakukan kajian tesis ini, peneliti berfokus pada rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana pengaruh, sikap dan konteks aktor dalam pembangunan rumah ibadat GITJ Dermolo Kembang Jepara? 2) Bagaimana relasi umat Muslim dan jemaat Kristen Dermolo pasca peresmian GITJ Dermolo di Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara? 3) Bagaimana peran umat Muslim dan jemaat Kristen Dermolo dalam menciptakan kerukunan umat beragama di Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara? Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi dan teori identifikasi penyebab konflik Aditi Agarwal, teori segitiga ABC Simon Fisher, langkah-langkah kerangka kerja Simon Fisher, teori solidaritas Aafke Komter dan teori solidaritas Michael Hechter. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Analisis data di lapangan berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pembangunan GITJ Dermolo di Desa Dermolo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara terdapat tiga aktor yaitu jemaat Kristen Dermolo, umat Muslim Dermolo dan pemerintah. Setiap aktor memiliki pengaruh, sikap dan konteks atas pembangunan GITJ Dermolo sehingga dapat mencapai solusi yang baik. Jemaat Kristen Dermolo juga memiliki langkah-langkah dalam mencapai peresmiannya. 2) Relasi jemaat Kristen dan umat Muslim Dermolo dapat terealisasikan pada sistem solidaritas setelah peresmian GITJ Dermolo. 3) Umat Muslim dan jemaat Kristen Dermolo memiliki peran dalam menciptakan kerukunan umat beragama di Desa Dermolo dengan dibuktikan adanya penerimaan berdirinya gereja dan tidak ada konflik setelah adanya peresmian GITJ Dermolo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Aktor, gereja, pembangunan.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:37
Last Modified: 27 Sep 2023 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum