MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTOFOLIO (Telaah Filosofis - Implementatif)

Nanik Dwi Hariyani, NIM.: 00420430 (2006) MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTOFOLIO (Telaah Filosofis - Implementatif). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTOFOLIO (Telaah Filosofis - Implementatif))
00420430_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTOFOLIO (Telaah Filosofis - Implementatif))
00420430_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemberlakuan KBK yang secara otomatis berpengaruh terhadap komponen pengajaran lainnya. Materi berubah sesuai dengan tuntutan kurikulum, metode berubah sesuai dengan tujuan dan jenis materi. Maka setiap kali ganti kurikulum senantiasa diiringi dengan tawaran pendekatan yang digunakan. Konsep-konsep pembelajaran yang ditawarkan banyak bermunculan, seperti tawaran konsep pembelajaran berbasis Portofolio (portfolio based learning) yang merupakan satu bentuk perubahan pola pikir di atas, yaitu suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengalaman belajar praktik­empirik. Model pembelajaran ini dapat menjadi program pendidikan yang mendorong kompetensi, tanggung jawab, dan partisipasi peserta didik, belajar menilai dan mempengaruhi kebijakan umum (public policy), memberikan diri untuk berperan serta dalam kegiatan antar peserta didik, antar sekolah, dan antar anggota masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana kesesuaian atau relevansi konsep dasar pembelajaran berbasis Portofolio dengan konsep Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah. Penelitian yang bersifat penelitian perpustakaan (library research). Objek penelitian ini adalah buku-buku (study literature), yaitu dengan mengkaji dan menelaah berbagai bahan pustaka yang menjadi data primer dan sekunder. Maka berangkat dari permasalahan di atas, di sini penulis merasa tertarik untuk Sehingga dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bisa atau tidaknya konsep pembelajaran berbasis portofolio diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi serta bagaimana penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Portofolio relevan dengan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah yaitu pada kesamaan konsep pencapaian pembelajaran aktif yang menyentuh aspek kognitit: afektif dan psikomotorik. Karena pembelajaran ini berpusat pada siswa, kita sebagai pendidik hams siap terkuras tenaga dan pikirannya. Oleh karena itu guru hcndaknya scnantiasa mcnciptakan suasana belajar yang menyenangkan (joyful learning). Selain itu seorang guru dituntut untuk kompeten dalam bidang teknologi sehingga memungkinkan untuk dilakukan pembelajaran berbasis teknologi. Di sini juga memberikan implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah yang dapat digunakan pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mutasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; portofolio; media pembelajaran
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Sep 2023 10:18
Last Modified: 27 Sep 2023 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60699

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum