STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

Siti Shoimah, NIM.: 00420043 (2005) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENINGKATAN IVIUTU PENGAJARAN BAHASA ARAB Di MADRASAH DiNiYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
00420043_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENINGKATAN IVIUTU PENGAJARAN BAHASA ARAB Di MADRASAH DiNiYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
00420043_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pengajaran adalah proses penyampaian pengajaran dengan menggunakan metode-metode tertentu dengan maksud agar siswa dapat mudah memahami, menguasai, dan mengembangkan materi dalam pengajaran. Pengajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengajaran di Lembaga non formal di Madrasah Diniyah NuruI Ummah yang juga mengutamakan pengajaran ilmu keagamaan, termasuk juga didalamnya adalah pengajaran bahasa Arab. Pengajaran bahasa Arab yang dirasakan saat ini khususnya Madrasah Dainiyah Nurul Ummah Putri sudah cukup baik, namun dalam segi praktek atau pengamalan sehari-hari masih sebatas pada penerapan membaca dan memahami kitab-kitab kuning. Dan belum ada penerapan dalam prakiek percakapan sehari-hari, yang akhirnya nanti dapat rnernbudayakan pengembangan bahasa Arab melalui praktek dalam percakapan sehari-hari. Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mempelajari dan meneliti yang diperlukan berkenaan dengan sekelompok besar individu dengan cara mempelajari melalui kelompok yang jauh lebih kecil jumlahnya dari individu tersebut. penelitian ini penulis menggunakan metode sampling atau pemilihan sampel yaitu pemilihan sebagai individu dari populasi sebagi wakil yang representatif dari populasi tersebut. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Strategi peningkatan mutu pengajaran di MDNU Pi, melibatkan banyak unsur-unsur di dalamnya. Adapaun unsur-unsur tersebut antara lain: a. Kualitas pengasuh beserta staf pengajar ( ustadzah) yang berkompeten dalam menjalankan tugasnya. b. Respon, bakat, minat, dan semangat belajar yang dimiliki peserta didik (santri). c. Penggunaan metode pengajaran yang tepat. d. Motivasi pendidik dan peserta didik. e. Pengajaran yang efektif. f. Sarana dan fasilitas yang memadai. g. Kondisi lingkungan yang mendukung. h. Dukungan dari berbagai pihak pemerintah, masyarakat, dan institusi madrasah itu sendiri). 2. Pengajaran di MDNU Pi sudr.h cukup baik, meskipun masih ada hambatan-hambatan .Dengan masih adanya hambatan - hambatan dalam proses belajar mengajar disini, maka masih sangat diperlukan upaya­upaya mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan lebih mengedepankan faktor-faktor pendukung sebagai suatu pijakan dalam · pengembangan dan peningkatan mutu pengajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahzab .Muttaqin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: PPNU; bahasa Arab; pesantren
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:44
Last Modified: 27 Sep 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum