EKSPERIMENTASI GENIUS LEARNING STRATEGY DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA II

Roliah, NIM.: 00420039 (2005) EKSPERIMENTASI GENIUS LEARNING STRATEGY DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI GENIUS LEARNING STRATEGY DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA II)
00420039_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI GENIUS LEARNING STRATEGY DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA II)
00420039_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Genius Learning adalah istilab yang digunakan untuk menjelaskan suatu rangkaian pendekatan praktis dalam upaya meningkatkan basil dari proses pembelajaran. Sedangkan Genius Leaming yang penulis maksud adalah sebuah istilah untuk menjelaskan suatu rangkaian strategi dalam upaya meningkatkan hasil dari proses pembelajaran bahasa arab di kelas I MTsN Yogyakata II. Dimana upaya peningkatan hasil dicapai dengan menggunakan pengetahuan yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, seperti pengetahuan tentang cara kerja otak, cara kei:ia memori, motivasi, konsep diri, emosi, perasaan, dan pikiran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di MTsN Yogyakarta II. Waktu pelaksanaan eksperimen ini antara bulan februari sampai maret 2005. Kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara antara hasiI belajar bahasa Arab siswa dalam kelompok eksperimen (Kelompok s1swa yang belajar bahasa arab dengan menggunakan Genius Leaming Strategy) dengan kelompok kontrol (Kelompok siswa yang belajar bahasa arab tanpa menggunakan Genius Leaming Strategy). Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata (mean) post-test kelompok eksperimen sebesar 7 ,08, skor ini termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan kelompok kontrol meperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 5,75 skor ini termasuk dalam kategori sedang. Apabila dilihat dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar bahasa arab kelas I MTsN Y ogyakarta II kelompok eksperimen menunjukan peningkatan lebih tinggi sebesar 3,35 sedangkan kelompok kontrol hanya 2,28. Melihat perbedaan skor yang di peroleh masing-masing kelompok, menunjukan bahwa Genius Leaming Strategy dapat ditei-apkan untuk meningkatkan kemampuan belajar hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas I MTsN Yogyakarta II, serta dapat dijadikan sebagai altematif pilihan bagi Guru Bahasa Arab dalam memilih strategi pengajaran dan mengatasi permasalahan pengajaran bahasa arab serta untuk memberikan stimulan bagi peserta didik agar lebih tertarik untuk belajar bahasa arab dan merangsang daya kreatif dalam memenuhi kebutuhan belajar bahasa arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pengajaran Bahasa Arab; siswa; genius learning
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:58
Last Modified: 27 Sep 2023 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum