Branding Perempuan dalam Ragam Unggahan Tafsir Audiovisual: Analisis Wacana Kritis pada Akun Yufid.TV

Mardliyatun Nahdliyah Putri, NIM.: 21205031042 (2023) Branding Perempuan dalam Ragam Unggahan Tafsir Audiovisual: Analisis Wacana Kritis pada Akun Yufid.TV. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Branding Perempuan dalam Ragam Unggahan Tafsir Audiovisual: Analisis Wacana Kritis pada Akun Yufid.TV)
21205031042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Branding Perempuan dalam Ragam Unggahan Tafsir Audiovisual: Analisis Wacana Kritis pada Akun Yufid.TV)
21205031042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kulturisasi patriarkal masih membudaya di tengah masyarakat, khsususnya dalam media. Perempuan dikonstruk sebagai makhluk yang lemah dan dibatasi pergerakannya. Budaya tersebut tidak lepas dari ideologi yang menggiring pada wacana pembatasan pergerakan perempuan. Salah satu konstruksi peminggiran perempuan dalam media disampaikan oleh YouTube Yufid.TV. Pertanyaan yang akan dijawab pada kajian ini adalah bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang perempuan dalam akun Yufid.TV dan bagaimana posisi subyek, obyek dan pembaca dalam unggahan tafsir audiovisual di akun YouTube Yufid.TV?. Konsistensi Yufid.TV dalam mengunggah tiga hingga tujuh video setiap hari menjadi alasan keunggulan akun. Tampak dari jumlah subscriber dan viewer yang tergolong sangat banyak jika dibandingkan dengan akun-akun YouTube kajian islami yang lain. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif dengan sumber data primer berupa video-video yang memuat tafsir ayat-ayat tentang perempuan, yakni QS. al-Ahzab [33]: 59, QS. al-Ahzab [33]: 33, dan QS. an-Nisa’ [4]: 34. Sedangkan data sekunder penelitian ini adalah buku Eriyanto yang berjudul Anlisis Wacana Pengantar Ananlisis Teks Media, karya Sara Mils yang berjudul Discourse dan literatur lain yang memiliki relevansi dengan pembahasan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman Yufid.TV dalam menafsirkan QS. al-Ahzab [33]: 59, QS. al-Ahzab [33]: 33, dan QS. an-Nisa’ [4]: 34 cenderung tekstualis. Ditemukan bahwa terdapat stereotip dan pendiskreditan peran perempuan dalam keluarga dan sosial masyarakat di media sosial. Penempatan posisi subyek, obyek dan pembaca dalam penafsiran yang mengacu pada analisis wacana kritis Sara Mills akan menunjukkan bagaimana perempuan ditempatkan. Konstruksi perempuan muslimah yang ideal merefleksikan pada pola pikir patriarkis, yakni upaya menjadikan perempuan sebagai makhluk lemah dengan peran dan tugas terbatas pada urusan domestik. Sedangkan dalam konteks sosial, wacana terkait kesetaraan gender banyak ditemukan dan keberadaan perempuan layak untuk dipertimbangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag, M.Pd. M.A.
Uncontrolled Keywords: perempuan; YouTube Yufid.TV; analisis wacana kiritis Sara Mills
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Oct 2023 09:56
Last Modified: 02 Oct 2023 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum