STUDI KOMPARASI ANTARA MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II JURUSAN BAHASA DI MAN WONOKROMO BANTUL

Nuraeni, NIM.: 00420201 (2004) STUDI KOMPARASI ANTARA MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II JURUSAN BAHASA DI MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI ANTARA MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II JURUSAN BAHASA DI MAN WONOKROMO BANTUL)
00420201_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI ANTARA MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II JURUSAN BAHASA DI MAN WONOKROMO BANTUL)
00420201_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mempelajari suatu bahasa asing atau bahasa lain sangat penting dalam sistem Pendidikan di Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan tersebut maka pemerintah menetapkan kurikulum pendidikan bahasa baik pendidikan bahasa Indonesia maupun pendidikan bahasa asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya. Bahasa Arab dan bahasa Inggris telah diajarkan di sekolah-sekolah dari TK sampai perguruan tinggi, namun bahasa Inggris lebih diminati oleh siswa dibandingkan dengan bahasa Arab. Dorongan untuk mempelajari bahasa Arab dirasakan masih kurang di kalangan masyarakat kita, padahal peranan bahasa Arab sangat penting khususnya bagi umat Islam. Pentingnya bahasa Arab sebagai alat untuk memahami ilmu-ilmu keislaman dan untuk menggali Islam dari sumber-sumbemya yang asli. Masih minimnya minat pada sistem pendidikan terlihat pada kurang minatnya siswa terhadap bahasa Arab terutama di MAN Wonokromo Bantul khususnya kelas II jurusan Bahasa yang akan penulis kaji karena di kelas II jurusan Bahasa ini jam pelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris lebih banyak dibandingkan dengan jurusan-jurusan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil wawancara atau tabel yang memerlukan penafsiran, penyusunan m1 dengan menggunakan tehnik analisa komparasional yaitu salah satu tehnik analisa kuantitatif atau salah satu tehnik analisa statistik adapun rumus. Sementara dalam menganalisis data kualitatif dengan menggunakan prosedur berfikir. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Minat merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, dengan adanya minat tingkat belajar akan semakin tinggi begitu sebaliknya jika tidak ada minat tingkat be!ajar akan semakin rendah. Minat belajar bahasa Arab kelas II jurusan Bahasa di MAN Wonokromo Iebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar bahasa Inggris. 2). Dalam minat banyak sekali yang mempengharuhinya, faktor-faktor yang mempengaruhi minat ada dua yaitu faktor internal (jasmani dan rohani) dan eksternal (lingkungan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahzab Muttaqin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: minat belajar; bahasa Arab; Bahasa Inggris; siswa
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Oct 2023 10:52
Last Modified: 02 Oct 2023 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum