PERAN GURU SEBAGAI MANAJER DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS AKSELERASI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Miftahus Saadah, NIM.: 00420268 (2004) PERAN GURU SEBAGAI MANAJER DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS AKSELERASI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU SEBAGAI MANAJER DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS AKSELERASI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
00420268_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU SEBAGAI MANAJER DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS AKSELERASI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
00420268_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah-sekolah Islam baik swasta maupun negeri sejak Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah sampai dengan tingkat Perguruan Tinggi telah diajarkan Bahasa Arab. Pengajaran Bahasa Arab seperti juga proses pengajaran materi lainnya tidak bisa Iepas dari berbagai komponen yang rnenyertainya, yaitu, tujuan, guru, murid, metode, materi, media, dan evaluasi. Dalam pedoman penyelenggaraan Program Percepatan Belajar yang dibuat Direktorat Pendidikan Luar Biasa Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional disebutkan, program kelas akselerasi adalah program percepatan belajar.. SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah sekolah menengah pertama yang dikelola oleh Majlis Pendidikan Dasar Menengah Muhammadiyah yang telah berstatus Disamakan dan melaksanakan program Kelas Akselerasi. Penelitian ini menggunakan data bersifat kualitatif yang kemudian dianalisis secara deduktif dan induktif. Analisis deduktif adalah cara berpikir untuk mengambil kesimpulan dengan berangkat dari hal-hal yang bersifat umum menuju hal-hal yang bersifat khusus. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Guru belum merencanakan pengajaran Bahasa Arab pada kelas akselerasi secara tertulis, baik rencana tahunan, rencana per semester, rencana harian maupun Analisis Materi Pelajaran. Perencanaan pengajaran Bahasa Arab pada kelas akselerasi merujuk pada perencanaan pengajaran Bahasa Arab untuk kelas reguler dan diadakan penyesuaian mengenai pengelolaan waktunya. Persiapan pengajaran Bahasa Arab pada kelas akselerasi lebih banyak bersifat kondisional, kemudian dalam penerapannya di dalam kelas guru menyesuaikan dengan kemampuan pemahaman siswa dan ketersediaan waktu. 2). Pengorganisasian pengajaran dilakukan guru Bahasa Arab dengan menggunakan buku paket sebagai sumber belajar utama. 3). Guru memotivasi belajar siswa dengan banyak memberikan komentar­komentar atau tanggapan-tanggapan terhadap hasil kerja siswa. Komentar­komentar tersebut kebanyakan bersifat pujian atau penghargaan. Disamping itu, dalam memotivasi siswa guru mengadakan ulangan, memberitahukan nilai tes atau ulangan pada siswa, memberi tugas rumah dan membiasakan iklim kompetisi sehat diantara siswa. 4). Guru mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap pengajaran yang telah berlangsung melalui evaluasi proses yang ditujukan untuk pribadi guru sendiri sebagai masukan apakah pengajaran yang dilakukan telah mencapai tujuan yang diharapkan atau belum dan evaluasi hasil belajar berupa ulangan harian, ulangan umum dan ulangan akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar yang telah berlangsung. 5). Dari gambaran-gambaran di atas dapat diketahui bahwa guru Bahasa Arab belum maksimal dalam melaksanakan perannya sebagai manajer dalam pengajaran Bahasa Arab pada kelas akselerasi di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dapat dilihat dari perencanaan yang belum maiang sehingga terkesan bahwa pengajaran Bahasa Arab tersebut dilaksanakan seadanya. 6.) Hal-hal yang menurut responden menjadi penghambat dalam pelaksanaan perannya sebagai manajer dalam pengajaran Bahasa Arab pada kelas akselerasi adalah fasilitas dan lingkungan yang belum sepenuhnya mendukung dalam pengajaran bahasa, waktu yang terbatas, dan pribadi guru sendiri, sedangkan hal yang mendukung adalah siswa kelas akselerasi yang mempunyai kecerdasan di atas rata-rata dan sikap kooperatif mereka serta komitmen mereka yang tinggi terhadap tugas-tugas yang diberikah guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Zaina Arifin A, M.Ag
Uncontrolled Keywords: akselerasi; pendidikan menengah; pengajaran Bahasa Arab; kurikulum
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Oct 2023 11:26
Last Modified: 02 Oct 2023 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum