MEDIA STRIP STORY DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NEGARA JEMBRANA BALI (Studi Eksperimentasi Pada Siswa Kelas I)

Entik Syarifah Aini, NIM.: 00420154 (2004) MEDIA STRIP STORY DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NEGARA JEMBRANA BALI (Studi Eksperimentasi Pada Siswa Kelas I). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA STRIP STORY DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NEGARA JEMBRANA BALI (Studi Eksperimentasi Pada Siswa Kelas I))
00420154_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MEDIA STRIP STORY DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NEGARA JEMBRANA BALI (Studi Eksperimentasi Pada Siswa Kelas I))
00420154_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kosa kata bahasa Arab adalah proses penciptaan kondisi yang memungkinkan terjadinya proses belajar kosa kata (mufradat) yang efektif dan efisien dalam pelajaran bahasa Arab. Kemampuan berbahasa Arab aktif yaitu kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis. Sedangkan kemampuan berbahasa Arab pasif adalah kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Mempelajari, memahami serta mempraktikkan bahasa Arab sangat penting, karena dapat membantu siswa dalam memahami sumber ajaran Islam (Al-qur'an dan Hadits), kitab-kitab berbahasa Arab dan komunikasi dengan orang lain, baik dalam situasi belajar maupun kepentingan komunikasi lain. Pembelajaran bahasa Arab yang sejak lama mengalami perubahan dalam masalah pengajaran dari sudut metode, sistem sampai pada pemilihan media (alat) pendidikan selayaknya dijadikan pedoman untuk penerapannya. Hal ini dimaksudkan agar guru sebagai pendidik harus menyesuaikan berbagai aspek dan fase-fase pengajaran dalam pelajaran bahasa Arab dengan peserta didik yang dihadapinya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen (Eksperimental Research) yaitu riset yang bermaksud untuk menyelidiki secara langsung hubungan sebab akibat dari suatu perlakuan dengan menggunakan suatu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang kemudian hasilnya dibandingkan. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen pengembangan yaitu untuk menguji, mengetes serta membuktikan hipotesa tentang penggunaan media strip story dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Sementara itu penelitian ini menggunakan analisa data kuantitatif di mana penghitungan dan pengujian dengan metode statistic. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1). Pembelajaran kosa kata bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Negara kelas I dengan menggunakan media strip stoty lebih efektif dibanding dengan tidak menggunakan media. Hal ini terlihat dari hasil eksperimen media strip stoty dengan hasil post test pada kelompok eksperimen yaitu t-stat 6, 523 > t-kritis 1, 676 yang berarti bahwa terjadi perubahan yang sangat signifikan setelah diberikan perlakuan media strip story. 2). Signifikansi media strip st01y tidak hanya dilihat dari perubahan nilai saja akan tetapi dilihat perubahan kreatifitas dan minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Media pembelajaran khususnya strip story jangan dipandang sebagai alat bantu belaka akan tetapi dengan media ini ada harapan besar untuk siswa mengorkestrasi kelas dan menjadik,m belajar lebih berrnakna. 3). Untuk mendidik siswa tidak harus susah dan mahal, dengan menggunakan media strip sto,y yang relatif murah menjadikan media pembelajaran ini efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Maksudin
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; Bahasa Arab; media strip story; kosa kata bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Oct 2023 12:16
Last Modified: 02 Oct 2023 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum