STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN TERHADAP SEJARAH RASULULLAH SISWA DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DI SLTP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA

Junardi, NIM.: 00410107 (2004) STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN TERHADAP SEJARAH RASULULLAH SISWA DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DI SLTP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN TERHADAP SEJARAH RASULULLAH SISWA DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DI SLTP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA)
00410107_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN TERHADAP SEJARAH RASULULLAH SISWA DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DI SLTP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA)
00410107_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Islam yang dibawa Rasulullah yang berisi berbagai ajaran itu diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin hidup bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Memahami ajaran-ajaran yang dibawa Rasulullah saw, terlebih dahulu harus pula mengenal/mempelajari siapa itu Rasululiah saw. Dari sini sangat jelas bahwa mempelajari sejarah Rasul-Rasul dalam hal ini sejarah rasulullah saw bagi umat Islam sangatlah mutlak diperlukan oleh umat Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1). Pemahaman terhadap sejarah Rasulullah Saw siswawa SLTP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, termasuk dalam kategori tinggi. 2). Sikap keagamaan siswa SL TP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, termasuk dalam kategori baik. 3). Terdapat korelasi positif yang signifikan antara pemahaman Terhadap sejarah rasulullah Saw dengan sikap keagamaan siswa di SLTP 10 Yogyakarta, yaitu antara 0,70 - 0,90 yang disebut Korelasi Kuat atau Tinggi. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun Iangsung untuk memperoleh/mengambil data-data yang diperlukan. Data yang didapat dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatatif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Pemahaman siswa terhadap sejarah Rosulullah Saw di SL TP Muhammadiyah 10 Yogyakarta selama ini dapat digolongkan dalam kategori sedang Dengan demikian hipotesis tidak dapat dibuktikan kebenarannya. 2). Sikap keagamaan siswa di SLTP Muhmmadiyah 10 Yogyakarta sdama ini dapat digolongkan dalam kategori cukup. Dengan demikian hipotesa tidak dapat dibuktikan kebenarannya. 3). Antara pemah,un,m terhadap sejarah Rosulullah Saw dengan sikap keagamaan siswa SLTP Muhammadiyah 10 Yogyakarta ini tidak terdapat kolerasi positif yang signifikan. Hal ini mengandung makna bahwa pemahaman siswa terhadap sejarah Rosulullah ,aw tidak akan mempengaruhi sikap keagamaan siswa. Dengan demikian hipotesa atternatif (Ha) d tolak, sedang hipotesa nihil (Ho) disetujui.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofiq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: sejarah Rasulullah; Pendidikan Agama ISlam; murid; siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Tafsir Al-Qur'an > Sejarah Nabi dan Rasul
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Oct 2023 13:33
Last Modified: 02 Oct 2023 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum