OPTIMALISASI PERANAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT NELAYAN DESA TANJUNGSARI KEC. REMBANG KAB. REMBANG JAWA TENGAH

Eka Tri Handayani, NIM.: 00410122 (2005) OPTIMALISASI PERANAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT NELAYAN DESA TANJUNGSARI KEC. REMBANG KAB. REMBANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PERANAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT NELAYAN DESA TANJUNGSARI KEC. REMBANG KAB. REMBANG JAWA TENGAH)
00410122_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PERANAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT NELAYAN DESA TANJUNGSARI KEC. REMBANG KAB. REMBANG JAWA TENGAH)
00410122_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikari dan menganalisis secara kritis tentang peranan orang tua dalam pelaksanaan pendidikan agama anak dilingkungan masyarakat nelayan serta kendala-kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan agar anak lebih dapat meningkatkan pengetahuan agamanya dan orang tua lebih memperhatikan banyak tentang kegiatan keagamaan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar masyarakat nelayan desa Tanjungsari Rembang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari rnakna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Orang tua berperan dalam pelaksanaan pendidikan agarna anak, dengan menempatkan anaknya keTPA atau guru ngaji guna mernperoleh ilmu agama. Karena orang tua tidak dapat mengajarkan sendiri dilatar belakangi oleh rendahnya pengetahuan agama mereka dan kesibukan mereka yang jarang bertemu dengan anak kecuali hari-hari tertentu. (2) Tujuan orang tua dalam mendidik dan membimbing pengetahuan agama kepada anak adalah agar anak tumbuh menjadi anak yang mengenal agama, berakhlak mulia dan rajin beribadah. (3) Usaha orang tua dalam mendidik anak dengan membiasakan salam ketika masuk dan keluar rumah, membaca doa ketika mau dan sesudah tidur. Pembiasaan ini sering diajarkan kepada anak-anak mereka, agar nantinya mereka sampai kapanpun tetap terbiasa melakukannya. ( 4) pernbiasaan orang tua dalam mengerjakan sholat dimulai ketika anak berumur 7 tahun, dalam ibadah puasa ramadhan orang tua juga membiasakan anak untuk melaksanakannya. Apapun yang orang tua lakukan itu akan menjadi suri tauladan buat si anak.. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan agama anak adalah: (1) acara televis yang menarik sehingga anak lebih tertarik untuk menontonnya dari pada untuk mengaji, disini perlu ketegasan orang tua dalam menghadapinya. (2) suasana lingkungan yang kurang mendukung, banyak anak yang bermain ketika tiba pada waktunya ngaji, sehingga anak jika tidak ada ketegasan dari orang tua, anak akan memilih bermain dan mengabaikan kewajibannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: orang tua; pendidikan agama anak; nelayan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Oct 2023 13:44
Last Modified: 02 Oct 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum