PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN "UMMATAN WASATHON" IMOGIRI

Farug Abdul Haris, NIM. 98413842 (2006) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN "UMMATAN WASATHON" IMOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN "UMMATAN WASATHON" IMOGIRI)
98413842_BAB II_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN "UMMATAN WASATHON" IMOGIRI)
98413842_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam bi dang studi Al Qur' an Hadits. Penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempumakan pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam bidang studi Al Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Kejuruan "Ummatan Wasathon" Imogiri tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Kejuruan "Ummatan Wasathon" Imogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan data tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: ( 1) Kurikulum pendidikan Agama Islam bidang studi Al Qur' an Hadits mengacu pada kurikulum berbasis Kompetensi, yang berisikan tentang seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan untuk mencapai tujuan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah dan satuan pendidikan. (2) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bidang studi Al Qur'an-Hadits di Madrasah Aliyah Kejuruan "Ummatan Wasathon" Imogiri di awali pada tahun 1994 dengan melalui beberapa tahapan dan penyempurnaan serta modifikasi dengan berbagai kegiatan yaitu acara-acara yang berkaitan dengan bidang studi Al Qur'an-Hadits yaitu semaan yang diadakan seminggu dua kali di mulai pada jam ke nol, guna menambah kemampuan peseta didik dalam membaca Al Qur' an. Aspek-aspek yang dikembangkan oleh guru Al Qur'an Hadits adalah tentang materi pelajaran dan pembagian cara pembelajaran, yaitu bagi peserta didik yang berkemampuan atau yang pandai di bedakan dengan yang berkemampuan sedang agar supaya perbedaan tersebut dapat di akomodir dengan baik. (3) Faktor pendukung terhadap pengembangan kurikulum Al Qur'an Hadits adalah adanya semangat tinggi dari pihak pengajar dalam pengembangan kurikulum serta dengan kesadaran dan keteladan yang guru berikan untuk peserta didik. Faktor penghambatnya adalah belum adanya kesadaran dari peserta didik untuk memperhatikan guru dalam mengajar. Solusi yang diharapkan oleh guru Al Qr' an Hadits adalah agar supaya Madrasah memenuhi sarasa dan prasarana bagi kelancaran pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam bidang studi Al Qur'an-Hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suwadi M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum , Pendidikan Agama Islam, Madrasah Aliyah Kejuruan "Ummatan Wasathon" Imogiri
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Oct 2023 14:54
Last Modified: 02 Oct 2023 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum