ELAAH NOVEL KEMARAU KARYA A. A. NAVIS DARI SUDUT PANDANG PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tentang Tujuan dan Materi)

Khomsurrijal Wahibudiyak, NIM. 9841 3879 (2004) ELAAH NOVEL KEMARAU KARYA A. A. NAVIS DARI SUDUT PANDANG PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tentang Tujuan dan Materi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ELAAH NOVEL KEMARAU KARYA A. A. NAVIS DARI SUDUT PANDANG PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tentang Tujuan dan Materi))
98413879_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ELAAH NOVEL KEMARAU KARYA A. A. NAVIS DARI SUDUT PANDANG PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tentang Tujuan dan Materi))
98413879_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan analisis struktural hermeneutik novel Kemarau karya A. A. Navis tersebut mcngandung pokok-pokok pikiran, yaitu penolakan tcrhadap tradisi ncnek moyang, pengimplementasian ajaran Islam dan anjuran untuk bekerja keras (duniawi). Dari pokok pikiran tersebut sudut pandang pendidikan Islam menyatakan bahwa gagasan tersebut sesuai dengan konsepsi Pendidikan Islam. Karena ha! itu telah mencerminkan arahan dan bimbingan oleh Navis (melalui Sutan Duano) kepada masyarakat. Kemudian gagasan tersebut juga disampaikan secara tepat dan materinya-pun sesuai dengan dasar Pendidikan Islam (landasan, prinsip dan filosofis) dari muatan yang disampaikan. Pendidikan Islam bertujuan untuk membentuk kepribadian sebagai khalifah yang beriman kepada Allah serta tunduk dan patuh secara total kepadanya. Atau membentuk insan yang dapat mendekatkan diri kcpada Allah, mcmperoleh kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Sehingga dengan demikian tujuan Pendidikan Islam dalam novel Kemarau ini adalah: a. Membentuk manusia beriman kepada Allah SWT. dan patuh secara total kepadaNya. b. Memperoleh kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. c. Merribentuk rasa tanggungjawab dan motivasi bekerja keras. d. Menciptakan profesionalisme dalam berbagai aspek kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Usman SS., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Telaah novel kemarau karya A. A. Navis, sudut pandang pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Oct 2023 15:52
Last Modified: 02 Oct 2023 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum