STRATEGI BRANDING WISATA KULINER KHAS DAERAH (STUDI PADA INDUSTRI KULINER BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA DI YOGYAKARTA)

Niqen Salindri, NIM.: 16720013 (2023) STRATEGI BRANDING WISATA KULINER KHAS DAERAH (STUDI PADA INDUSTRI KULINER BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BRANDING WISATA KULINER KHAS DAERAH (STUDI PADA INDUSTRI KULINER BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA DI YOGYAKARTA))
16720013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BRANDING WISATA KULINER KHAS DAERAH (STUDI PADA INDUSTRI KULINER BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA DI YOGYAKARTA))
16720013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Makanan khas daerah memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Bakpia menjadi salah satu buah tangan yang dicari wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Bakpia merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang memiliki akar puluhan tahun. Bakpia berkembang dari usaha rumahan kecil-kecilan menjadi industri kuliner makanan khas yang berkembang dan berinovasi. Munculah bakpia kukus pertama di Yogyakarta yaitu Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia Kukus Tugu Jogja memiliki bentuk yang berbeda dengan bakpia pada umumnya. Bakpia Kukus Tugu Jogja juga memiliki isian yang lebih beragam daripada bakpia pada umumnya. Kemasan yang digunakan Bakpia Kukus tugu jogja pun lebih premium dan higienis karena dikemas secara satuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sosial dalam perspektif Pierre Bourdieu yaitu Habitus-Modal-Arena. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi berupa gambar dilakukan sesuai dengan yang ada di lapangan. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu Bakpia Kukus Tugu Jogja memiliki 4 strategi branding yang meliputi: menjadikan Bakpia Kukus Tugu Jogja brand top of mind awareness, menjual produk secara daring, membuka kemitraan dengan pihak ketiga, dan tidak berhenti untuk berinovasi. Industri kuliner makanan khas daerah sangat cepat berkembang, jadi pelaku usaha harus mengikuti perkembangan jaman. Semakin lama wasatawan tidak hanya membeli atau menginginkan hal-hal yang sudah umum. Wisatawan cenderung menyukai hal-hal yang baru yang memiliki nilai lebih untuk diri sendiri. Kebiasaan membeli buah tangan atau oleh-oleh saat mengunjungi suatu tempat dapat dipengaruhi oleh nilai dari produk yang dapat mengingatkan kita akan tempat yang telah kita kunjungi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Bakpia, Bakpia Kukus Tugu Jogja, Makanan Khas, Yogyakarta
Subjects: Industri Pariwisata
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Oct 2023 15:31
Last Modified: 16 Oct 2023 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum