PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI "CERPEN" Analisis Pendidikan Akhlak Bagi Anak Dalam Rubrik Permata Majalah Ummi

Imamatus Solihah, NIM.: 00410226 (2005) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI "CERPEN" Analisis Pendidikan Akhlak Bagi Anak Dalam Rubrik Permata Majalah Ummi. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI "CERPEN")
00410226_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI "CERPEN")
00410226_BAB II_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Peneiitian ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi Pendidikan Agama Islam melalui karya sastra, dengan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak bagi anak dalam cerpen rubrik Permata majalah Ummi yang meliputi pendidikan akhlak kepada Aliah, pendidikan akh!ak terhadap sesama, pendidikan akhlak terhadap djri sendiri dan pend]dikan akh!ak terhadap lingkungan dan alam sekitar. Hasil penelitian ini diharapkan akan menarnbah wav,,1asan pada para pendidik khususnya dan kepada rnasyarakat umumnya bahwa fungsi karya sastra cerpen sebagai sarana altematif dalam penanaman akhlak bagi anak, dengan tidak mengurangi fungsi utamanya sebagai hiburan yang mengasyikkan. Penehtian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library research dengan mengambil sampel cerpen rubrik Permata majalah Ummi dari nomor 09/XII/Januari-Februari 2001 sampai dengan nomor 08/XVI/Desember-Januari 2005. Menggunakan pendekatan fenomenologis dalam mengkaji nilai-nilai penuidikan akhlak pada cerpen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis isi semantik dalam mengungkap pesan atau isi yang terkandung dalam cerpen rubrik Permata majalah Ummi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Karya sastra berupa cerpen merupakan sarana yang efektif dan komunikatif dalam penyampaian Pendidikan Agama Islam, terutama pendidikan akhlak, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di masyarakat. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam karya sastra cerpen mengandung pesan-pesan moral yang berupa; niiai pendidikan akhlak kepada Tuhan, terhadap rnanusia, terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan dan aiam sekitar. Di samping fungsinya sebagai duice et utiie, yaitu hiburan yang asyik dan menyenangkan. 2) Nilai pendidikan akhlak yang paling dominan da!am cerpen rubrik Pennata adalah nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dengan jum!ah sebanyak 20 kali atau mencapai 44,44%, nilai pendidikan akhlak terhadap sesama manusia sebanyak 16 kaii atau 35,56%, dan pendidikan akhlak kepada Allah sebanyak 5 kal i atau 11,11 %, terakhir pendidikan akhlak terhadap lingkungan dan alam sekitar sebanyak 4 kali atau 8,89%. 3) Mayoritas cerpen rubrik Permata berbentuk dialog yang terjadi dalam keluarga, lingkungan sekolah, TPA maupun di lingkungan bennain. Walaupun demikian ada cerpen yang berbentuk fabe!. Kesemuanya merupakan bentuk cerminan kehidupan sehari-hari, seperti bentuk cerita eksposisi, deskripsi, persuasi, maupun argumentasi yang disesuaikan dengan dunia anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch Fuad
Uncontrolled Keywords: cerpen; majalah Ummi; Pendidikan Agama Islam; redaksional
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Oct 2023 10:31
Last Modified: 03 Oct 2023 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum