PENGEMBANGAN SIKAP PERCAYA DIRI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Abdul Majid, NIM.: 0041 0130 (2005) PENGEMBANGAN SIKAP PERCAYA DIRI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SIKAP PERCAYA DIRI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
00410130_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SIKAP PERCAYA DIRI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
00410130_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 1917 K.H. Ahmad Dahlan mendirikan panti asuhan yang bertempat di Desa Lowanu Kecamatan Mergangsan Yogyakarta yang pelaksanaannya masih di campur antara orang tua yang terlantar dengan anak­anak yatim putra maupun putri, namun barn diresmikan pada tahun 1921. Pada tahun 1928 panti asuhan tersebut dibagi menjadi dua yaitu Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta dan Panti Asuhan Yatim Putri Aisiyah Yogyakarta. Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta barn diresmikan pada tahun 1931. Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta beranggotakan 74 anak-anak asuh yang berasal dari berbagai kota dan propinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah pengasuh sebanyak 6 orang dan karyawan sebanyak 4 orang. Tujuan Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yugyakarta adalah memelihara anak yatim sebagai wujud dari pelaksanaan perintah Allah SWT, agar anak-anak yatim keadaannya sama dengan anak-anak lainnya yang masih mempunyai ayah dan ibu. Panti asuhan merupakan sarana atau tempat yang khusus untuk memelihara anak yatim yang terlantar agar mereka tidak menjadi anak gelandangan. Anak-anak yatim yang dipelihara di panti asuhan diharapkan menjadi generasi penerus dan manusia yang berpendidikan. Oleh karena itu mereka harus diasuh, dibimbing, dididik dan di pelihara dengan baik. Pada dasarnya kegiatan yang dilakukan di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta dititik beratkan pada upaya pembinaan mental, ketrampilan dan ketaqwaan anak didik agar dapat berkembang seperti layaknya dalam sebuah keluarga yang utuh dan harmonis dengan dukungan pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal hidup bermasyarakat dengan penuh pcrcaya diri dalam mengambil peran pembangunan bangsa dan negara. Dari hasil penelitian penulis, bahwa pengaruh kegiatan Pendidikan Agama Islam dalam Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta sangat besar pengaruhnya terhadap usaha penumbuhkembangkan sikap percaya diri terhadap anak-anak asuh. Hal itu bisa dibuktikan dengan target para pengasuh bahwa anak-anak asuh yang masih baru diharapkan bisa menyesuaikan diri selama 4-5 bulan, namun dalam realitasnya kebanyakan rata-rata anak-anak asuh yang masih baru bisa menyesuaikan diri terhadap Iingkungannya kurang dari 4 bulan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kegiatan Pendidikan Agama Islam di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta sudah baik dan berpengaruh besar terhadap peningkatan perasaan percaya diri pada anak-anak asuh di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.M. Asrori Ma'ruf, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: panti asuhan; anak asuh; keluarga
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Oct 2023 11:14
Last Modified: 03 Oct 2023 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum