MANAJEMEN PARTISIPASI SANTRI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MENUJU ZERO WASTE DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD II BANTUL

Dea Candrawati, NIM.: 16490045 (2023) MANAJEMEN PARTISIPASI SANTRI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MENUJU ZERO WASTE DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD II BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (MANAJEMEN PARTISIPASI SANTRI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MENUJU ZERO WASTE DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD II BANTUL)
16490045__BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PARTISIPASI SANTRI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MENUJU ZERO WASTE DI PONDOK PESANTREN AL-IMDAD II BANTUL)
16490045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persoalan sampah yang kian hari kian menunjukkan eksistensinya telah menjadi problematika signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya berserak, mereka – sampah – bahkan menggunung, tak mampu lagi ditampung jika hanyaِ mengandalkanِ sloganِ “buanglahِ sampahِ padaِ tempatnya”ِ sebagaimanaِ terpampang pada fasilitas-fasilitas umum. Dalam hal ini, dunia pendidikan sebagai pihak yang mengemban amanat mencerdaskan kehidupan bangsa tentu sudah saatnya terlibat sebagai upaya menciptakan budaya masyarakat yang sadar akan lingkungan. Gerakan zero waste yang baru-baru ini hadir, tampak dapat dijadikan alternatif menengarai persoalan sampah kaitannya dengan kesadaran lingkungan. Seperti menjawab tantangan tersebut, sebuah yayasan pendidikan berbasis pondok pesantren di Bantul, sebut saja Pondok Pesantren Al-Imdad memiliki semboyan SANTRI SALIH (santun, agamis, nasionalis, terampil, inovatif, dan sadar lingkungan hidup), di mana pesantren tersebut menempatkan persoalan lingkungan ini sebagai konsen visi mereka dengan beraneka ragam program pengelolaan sampah sebagaimana gerakan zero waste, yang berjalan dengan melibatkan semua warga pesantren. Dari latar belakang demikian, penelitian ini dibangun atas dua tujuan, yakni: pertama, mengetahui dan menganalisa bagaimana manajemen partisipasi santri dalam pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Al-Imdad, kedua mengetahui bagaimana upaya Pondok Pesantren Al-Imdad guna mencapai zero waste. Dalam pada itu, guna menghasilkan produk penelitian yang baik, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif agar dapat mengeksplorasi serta mengembangkan pemahaman terperinci tentang fenomena sentral. Sedangkan tehnik pengumpulan data berbentuk pengamatan, wawancara dan dokumentasi di lapangan. Berdiri menggunakan kerangka teoretik manajemen partisipasi, kemudian analisa dilakukan lewat orientasi pengalaman partisipan melalui hasil wawancara terkait tema. Adapun hasil penelitian ini tentunya menjawab rumusan masalah dengan temuan-temuan penelitian. Temuan-temuan tersebut lantas diurutkan sesuai sistematika pembahasan, dari pengenalan atas Pondok Pesantren Al-Imdad, letak geografis serta sejarah berdirinya, visi-misi serta semboyan lingkungan hidup, penanaman kesadaran atas lingkungan lewat pendidikan, progres pengelolaan sampah berkaitan dengan ideal moral gerakan zero waste dalam Pondok Pesantren Al-Imdad, program-program pemberdayaan santri kaitannya dengan hasil olahan sampah, manajemen partisipasi santri dalam pengelolaan sampah menuju zero waste, serta partisipasi Pondok Pesantren Al-Imdad beserta para santri atas persoalan sampah dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: zero waste; manajemen; partisipasi; santri.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2023 10:19
Last Modified: 17 Jan 2024 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum