KONSEP KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA (Studi Historikal-Deskriptif Pendekatan Komunikatif dan Aplikasinya Pada Pengajaran Bahasa Arab)

Ahmad Fauzan, NIM. 98423912 (2004) KONSEP KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA (Studi Historikal-Deskriptif Pendekatan Komunikatif dan Aplikasinya Pada Pengajaran Bahasa Arab). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA (Studi Historikal-Deskriptif Pendekatan Komunikatif dan Aplikasinya Pada Pengajaran Bahasa Arab))
98423912_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA (Studi Historikal-Deskriptif Pendekatan Komunikatif dan Aplikasinya Pada Pengajaran Bahasa Arab))
98423912_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Konsep pengajaran bahasa komunikatif bermula dari reaksi atas rasa ketidak-puasan para linguis pada sekitar tahun 1960-an. Di mana rasa ketidak­puasan ini dipicu dan diarahkan kepada pengajaran behasa model lama, Situasional Language Teaching, yang saat itu sangat mendominasi aktivitas belajar dan mengajar bahasa. Reaksi inilah yang kemudian meruntuhkan model pengajaran tersebut. Pada masa yang hampir bersamaan, Metode Audio-Lingual di Amerika-pun ditolak. Penolakan ini disebabkan keduanya dianggap tidak dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan substansial pengajaran bahasa (Asing) dan dianggap menyimpang dari segi fungsionalitas bahasa yang merupakan hakekat bahasa. Konsep Komunikatif dalam pengajaran bahasa (asing) ini pada awalnya berbentuk silabus, akan tetapi berkat urun pendapat para ahli, berubah menjadi sebuah pendekatan. Teori-teori linguistik yang mendasarinya, yakni bahasa sebagai komunikasi, kemudian berkembang sehingga mencul sebuah pendekatan yang disebut pendekatan Komunikatif dan munc'ul pula pendekatan Pragmatik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, MA
Uncontrolled Keywords: Konsep komunikatif, pengajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Oct 2023 12:59
Last Modified: 03 Oct 2023 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum