DAYA SERAP Pb DARI EMISI KENDARAAN BERMOTOR OLEH TANAMAN BERINGIN (Ficus benjamina) DAN ASAM LONDO (Pithecelobium dulce) SEBAGAI UPAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH

Umi Aflakhah, NIM. 00450115 (2005) DAYA SERAP Pb DARI EMISI KENDARAAN BERMOTOR OLEH TANAMAN BERINGIN (Ficus benjamina) DAN ASAM LONDO (Pithecelobium dulce) SEBAGAI UPAYA PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
00450115_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
00450115_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian mcngenai penycrapan Pb oleh tanaman beringin dan asam londo ini dimaksudkan untuk mengctahui mckanisme penurunan kadar Pb o1eh tanaman asan 1ondo (Pithecelohium dulce) dan beringin (Ficus benjamina), mengetahui efektifitas penyerapan Pb di udara antara tanaman beringin dan asam londo, mengetahui pengaruh tingkat kepadatan kendaraan bermotor terhadap daya scrap Pb oleh tanaman dan untuk mengetahui rancangan pemanfaatan proses dan produk penelitian sebagai sumber belajar pengelolaan lingkungan di Madrasah Aliyah. Penelitian ini dilakukan di tiga jalan yang mempunyai kondisi lalu lintas berbeda-beda yaitu padat, sedang, dan sepi. Ketiga jalan tersebut adalah Jalan Jendral Sudirman, Jalan Blok 0 Komplek AURI dan Jalan Krapyak Wetan. Penelitian dilakuakan pada tanggal 4 April 2005 pukul 04.30-05.30 dan pada pukul 13.30-14.30 untuk penghitungan kepadatan kendaraan bermotor dan pukul 13.30-14.30 untuk pengambilan sampel daun. Pengamatan stomata daun dilakukan di laboratorium Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Untuk mengetahui kandungan Pb yang terserap oleh kedua tanaman tersebut digunakan metode AAS (Atomic Absorption SrJectroplwtometri) Daun tanaman beringin dan asarn londo dapat menyerap Pb mdalui proses fotosintesis, respirasi, oksigenasi dan dellution. Selain itu dapat juga melalui: penyerapan oleh akar atau organ tumbuhan lain, translokasi dalam tubuh tumbuhan dan lokalisasi logam dalam jaringan.Tanaman beringin mempunyai kemampuan menyerap Pb di udara lebih tinggi dibandingkan dengan asam londo. Pada kondisi tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, tanaman beringin dan asam londo dapat menyerap pol utan yang lebih banyak dibandingkan pada kondisi kepadatan lalu lintas yang sedang dan sepi. Beringin pada jalan yang padat, sedang dan sepi rerata ppm berturut-turut adalah 3,29 ppm, 13,68 ppm dan 26,92 ppm. Sedangkan untuk asam londo pada kondisi jalan padat, sedang dan sepi berturut turut adalah: 3.67, 6.61 ppm dan 12.21 ppm. Data penelitian diuji dengan analisis melalui uji Anava. Proses dan produk perielitian dapat dijadikan sebagai altematif sumber belajar biologi dalam pokok bahasan Perubahan dan Pencemaran Lingkungan di Madrasah Aliyah kelas X semester 2. Hasil penelitian yang berupa proses penelitian meliputi perumusan masalah, perumusan tujuan, ·perumusan hipotesis, perumusan prosedur kerja, pelaksanaan kegiatan penelitian, penarikan kesimpulan, dan mengkomunikasikan hasil penelitian yang bernpa produk penelitian produk meliputi fakta dan konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dra. Maizer Said Nahdi, M.Si, Dra. Arifah Khusnuryani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pb , tanaman beringin, asam londo
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Oct 2023 14:07
Last Modified: 03 Oct 2023 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum