PELAKSANAAN PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

M. Masruri, NIM.: 00410147 (2004) PELAKSANAAN PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
00410147_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
00410147_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pergulatan Islam yang menyatu dengan budaya lokal temyata melahirkan bentuk keislaman dengan Iandasan berfikir berbeda, dan kadang saling memancing terjadinya konflik satu sama lain. Pembahasan ini menjadi penting dan merupakan sebuah problem bagi para pendidik Islam di Indonesia. Menaggulangi kondisi ini, perlu adanya suatu sistem pendidikan yang menerapkan atau mengorientasikan untuk mempersiapkan kader-kader yang bekerja dibidang pengkajian hukum, dakwah dan pendidikan, sehingga konsep pendidikan yang ditawarkan ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai aqidah, syariah, dan muammalah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis non statistik. Yang dimaksud dengan analisis non statistik yakni penulis mencoba menggambarkan suatu kejadian, kegiatan, dan peristiwa yang telah terjadi. Kesimpulan penelitian ini adalah 1). Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) merupakan pemikiran altematif yang pendidikannya Iebih berorientasi pada bidang tarjih (pengkajian hukum), dakwah, dan pendidikan. untuk mencetak kader­kader ulama dimasa yang akan datang. 2). Sedangkan pelaksanaan pendidikan di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) dalam kelembagaannya secara formal memiliki tujuan sebagai berikut: a. Mempersiapkan kader-kader ulama Muhammadiyah sebagai motor penggerak perjuangan persyarikatan kearah tercapainya masyarakat utama yang dicita-citakan. b. Menyiapkan kader-kader khusus dalam bidang ketarjihan dan kepemimpinan. c. Menyiapkan kader-kader ulama yang tekun beribadah dalam kehidupan sehari-harinya. 3). Pelaksanaan kurik:ulum di Pendidkan Uiama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) adalah sebuah kurikulum yang memiliki kesamaan dengan sistem perguruan tinggi yaitu dengan pola SKS (sistem kredit semester) yang mana kurikulum ini diberikan kepada mahasantri selama JenJang pendidikan empat tahun dengan menempuh delapan semester. 4). Metode pembelajaran yang dikembangkan khususnya dalam pembelajaran setiap hari adalah metode ceramah, tanya jawab, sorogan, pemberian tugas, diskusi, metode ketauladanan dan pembiasaan, selain itu dikembangkan pula metode pembelajaran yang kemudian menjadi ciri khas Lembaga Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) yaitu sistem keiompok belajar, full day school, pembinaan masyarakat, dan kegiatan mubaligh hijrah. 5). Pelaksanaan evaluasi di Pendidikan Uiama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) dilakukan dalam bentuk evaluasi formatif dan sumatif Adapun kegiatan evaluasi formatif dan sumatif diiaksanakan pada akhir program kegiatan belajar mengajar dengan pola tes tertulis dan lisan. 6). Di lihat dari keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Pendidikan Uiama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) telah mengeluarkan atau meluluskan tiga angktan tamatan kader-kader Uiama Muhammadiyah sebagai calon pendidik dan dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Tasman Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: tenaga pengajar; mahasantri; kurikulum Pendidikan; alat pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Organisasi Masyarakat > Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2023 09:37
Last Modified: 04 Oct 2023 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60805

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum