PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI KEGIATAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI MA’ARIF DIPONEGORO

Shinta Noor Latifah, NIM.: 19104080065 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI KEGIATAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI MA’ARIF DIPONEGORO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI KEGIATAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI MA’ARIF DIPONEGORO)
19104080065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI KEGIATAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI MA’ARIF DIPONEGORO)
19104080065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Adanya dampak dari covid-19 pada pendidikan, yang mana menjadi tantangan bagi guru yang harus mampu menjadikan pembelajaran mudah dipahami dan menarik minat peserta didik untuk belajar. Android menjadi salah satu media yang efektif digunakan dalam pembelajaran, yang disisi lain peserta didik sudah mengenal dan mampu mengoperasikannya. Sebagaimana mata pelajaran lain yang membutuhkan media, dalam pembelajaran IPS juga membutuhkan media karena materi dan konsepnya yang banyak untuk dipahami peserta didik. Salah satu materi yang diangkat adalah materi kegiatan ekonomi. Alasan dari pengembangan media pembelajaran mata pelajaran IPS dengan materi kegiatan ekonomi yakni minat peserta didik yang kurang dalam pembelajaran, terdapat beberapa materi kegiatan ekonomi yang disajikan kurang menarik bagi peserta didik, dan terdapat beberapa peserta didik yang mengaku cukup kesulitan untuk memahami materi kegiatan ekonomi. Tujuan penelitian ini: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif yang berbasis android, (2) mendapatkan produk media pembelajaran berbasis android yang layak digunakan, dan (3) mengetahui respon dari subjek uji coba terbatas yakni peserta didik terhadap produk media yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian R&D (Research and Development) dengan proses penelitian model ADDIE. Subjek coba yang ada pada penelitian ini yaitu para ahli, guru kelas IV MI/SD, dan peserta didik kelas IV MI/SD. Data yang dijabarkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif, adapun data kuantitatif terdiri dari validasi para ahli, guru kelas dan peserta didik yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara. Hasil penelitian meliputi: (1) produk media pembelajaran interaktif berbasis android berupa aplikasi yang diproses dari analisis, design, development, yang mana aplikasi ini berisi materi, gambar dan viii video sebagai pendukung. Sistem android yang disarankan agar produk media dapat dioperasikan dengan baik, bila digunakan secara online atau offline adalah versi 7.0 Nougat. (2) media yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli media dengan presentase sebesar 85%, dari ahli materi dengan presentase sebesar 82%, dari penilaian validator ahli bahasa diperoleh presentase kelayakan sebesar 75%, penilaian guru diperoleh presentase kelayakan sebesar 82%, serta penilaian peer reviewer/teman sejawat diperoleh presentase kelayakan sebesar 89%. (3) hasil uji coba terbatas terhadap 15 peserta didik kelas IV MI/SD diperoleh respon Sangat Positif dengan presentase sebesar 98,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Saidul Muzakki, S.Pd.I. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: android; media pembelajaran IPS; MIT App Inventor
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:24
Last Modified: 05 Oct 2023 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum