PROFIL GURU DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATI KARY A NH. DINI (TINJAUAN DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AG AMA ISLAM)

Rini Astuti, NIM.: 00410297 (2004) PROFIL GURU DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATI KARY A NH. DINI (TINJAUAN DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AG AMA ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFIL GURU DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATI KARY A NH. DINI (TINJAUAN DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM))
00410297_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROFIL GURU DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATI KARY A NH. DINI (TINJAUAN DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AG AMA ISLAM))
00410297_BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Karya sastra berupa novel adalah sebuah karya fiksi. Fiksi merupakan cara untuk menceritakan berbagai masalah kehidupan manusia dalam interaksinya dengan lingkungan dan sesama. Novel Pertemuan Dua Hatt adalah sebuah novel karya Nh Dini dari sebuah kenyataan hidup seorang guru yang dialarni oleh teman dekat Nh. Dini yang masih berusaha untuk menerapkan konsep guru yang idealis di tengah kehidupan yang serta materialis. Adanya fenomena anak bermasalah dan adanya pergolakan pnns1p kehidupan seiring perubahan zaman, sosok guru ideal sangat diperlukan untuk membantu menciptakan generasi penerus bangsa yang akan menjunjung tinggi bangsanya dengan prestasi, mental dan moral yang baik. Untuk kepentingan itulah penelitian ini dilaksanakan. Penelitian ini adalah penelitain kepustakaan (library research) yang bersumber pada data-data bahasa tertulis yang berkaitan dengan topik perrnasalahan yang diangkat, yaitu yang berkaitan dengan profil guru dalam novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini ditinjau dari perspekiif Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan penelitian ini adalah 1). Profil guru yang merupakan ide atau pemikimn Nh. Dini dalam novel "Pertemuan Dua Hati" mencakup pada tiga kompetensi yaitu: a. Kompetensi Profesional, Kompetenasi profesional yang dimiliki oleh bu Suci yaitu mencakup pada keluasan dan kedalaman pengetahuan, kemampuan rnentransfer ilmu, kemarnpuan menggunakan metode dan strategi, kemampuan mengelola kelas, kemampuan menggunakan media dan sumber, dan kemampuan untuk menilai prestasi siswa untuk kepentingan pendidikan. b. Kompetensi Persona,l Kompetensi personal yang dimiliki oleh bu Suci diantaranya mencakup sifat bertanggung jawab, keteladanan, kecerdasan dan kekereatifan, kebijaksanaan, ketegasan, ketulusan, kedisiplinan, kejujuran, keoptimisan, berjiwa sosial, kesabaran, kecintaan terhadap pekerjaan, kecintaan kepada anak didik, kereligiusan dan berbudi pekerti luhur. c. Kompetensi Sosial, Kompetensi sosial yang dimiliki oleh bu Suci mencakup pada kekomunikatifan dengan siswa, kekomukatif dengan guru, kekomunikatifan dengan pimpinan dan kekomunikatifan dengan masyarakat. 2). Profil guru yang terdapat dalam novel Pertemuan Dua Hati sangat bagus jika dipandang dari sudut pandang Pendidikan Agama Islam dan sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. Oleh karena itu ide-ide NH. Dini ini sangat bagus diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abd.Shomad, MA
Uncontrolled Keywords: novel; fiksi; professional guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2023 11:44
Last Modified: 04 Oct 2023 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum