PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MABAADI' AL-FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SURABAYA

Najmatul Millah, NIM.: 00410123 (2004) PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MABAADI' AL-FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SURABAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MABAADI' AL-FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SURABAYA)
00410123_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MABAADI' AL-FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SURABAYA)
00410123_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran merupakan terjadinya integrasi guru dengan siswa dalam rangka menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan pengajaran. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah, terdapat beberapa aspek kemampuan yang harus dikuasai dan dilakukan oleh guru dalam mengajar, agar kegiatan belajar mengajar dapat efektif. Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah merupakan lembaga pendidikan formal yang menerapkan proses belajar mengajar yang tak lazim, artinya disamping menggunakan kurikulum Depag (Departemen Agama) ditambah kurikulum dari yayasan Madrasah itu sendiri, yaitu dengan mata pelajaran Mabaadi' al­Fiqih. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode random sampling dengan mengambil sample sebanyak 20% dari populasi yang ada agar data yang dikumpulkan representatif. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dalam menganalisa data penulis menggunakan dua macam analisa, yaitu bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1). Rumusan pembelajaran Mabaadi' Al-Fiqih di Madrasah Salafiyah Surabaya terdiri dari komponen-komponen yang sating berkaitan antara satu dengan yang lainnya yakni a. Tujuan pembelajaran Mabaadi' Al-Fiqih b. Materi Pelajaran Mabaadi' Al-Fiqih yang disampaikan c. Metode pengajaran Mabaadi' Al-Fiqih d. Evaluasi ( Penilaian ) 2). Proses pembelajaran Mabaadi' Al-Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Surabaya meliputi pentahapan sebagai berikut: a. Tahap Pra lnstruksional b. Tahap Instruksional c. Tahap Evaluasi 3. Hasil yang di capai selama proses pembelajaran berlangsung dinilai cukup berhasil, walaupun nilai tersebut belum dikatakan maksimal dalam artian termasuk taraf lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 7,56. Hal tersebut apabila dianalisis disebabkan oleh adanya berbagai faktor distoris. Seperti adanya guru, metode, materi yang cukup berkualitas, yang mana ketiganya dianggap lebih signifikan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Siti Barirotun
Uncontrolled Keywords: pembelajaran ; pelajaran Mabaadi’ al-Fiqih; peserta didik; MI Salafiyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2023 13:44
Last Modified: 04 Oct 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum