EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS II SL TP ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN : 2003/2004

Syubhan Annur, NIM. 98454032 (2004) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS II SL TP ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN : 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS II SL TP ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN : 2003/2004)
98454032_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS II SL TP ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN : 2003/2004)
98454032_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di SLTP Islam AI­Mukmin Ngruki Surakara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektifitas penerapan metode quantum teaching terhadap proses pembelajaran fisika siswa ke las I I tahun ajaran 2003/2004. Populasi dalam penelitian ini selurnh siswa kelas 2 semester I Y SLTP Islam Al­Mukmin Ngruki, sebagai sampel penelitian diarnbil empat kelas dari sepuluh kelas yang ada. Data dikumpulkan dengan menggunakan test yaitu pre-tes dan pos-tes yang diberikan kepada kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji nonnalitas,_yang. diperoleh nilai chi square 41, 123 dan nilai si6rnifikansi sebesar 0,000 untu.lcpre-test eksperimen, 34,982dan nilai signifikansi O,OOOuntuk pos-test eksperhnen, se1ia 18,750 dan nilai signifikansi sebsesar 0,005 dan nilai signifikansi 0,005 untuk pre-test kontrol, 24,036dan signifikansi sebesar 0,002 yang diperoleh dari kedua kelompok penditian. Selanjuttiya data diambil dengan menggunakan uji-z yang diperoleh kelompok eksperimen > kelompok kontrol ( 17,017 > l 0,357), didapat perbandingan selisih nilai pre-test dan pos-test sebesar 0,04. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa ada peerbedaan clan cukup signifikan dengan menggunakan metode quantinn teaching terhadap proses pembelajaran fisika di kelas II SLTP Islam AI-Mukmin semester 1 Y jika .di bandingkan dengan menggunakan metode sebagaimana biasa. Maka metode quantum teaching ini perlu dipertimbangkan dalam upaya peningkatan prestasi bela_iar fisika di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. MURTONO, M. Si
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode, Quantum Teaching, Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Oct 2023 14:04
Last Modified: 04 Oct 2023 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum