PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS II SMK PIRI SLEMAN

Farida Ariyani, NIM.: 00410169 (2005) PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS II SMK PIRI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS II SMK PIRI SLEMAN)
00410169_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS II SMK PIRI SLEMAN)
00410169_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Populasi penelitian ini adalah scluruh siswa SMK PlRl Steman tahun pelajaran 2004/ 2005 sebanyak 457 siswa. Namun dikarenakan kelas III sedang sibuk melakukan persiapan ujian dan kelas I masih dalam tahap penyesuaian dengan lingkungan belajar yang baru, maka penelitian difokuskan pada populasi kelas II yang berjumlah 166 orang siswa, yang terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sample kelompok atau cluster sample. Dengan teknik ini sample dalam penelitian diambil dua kelas jurusan otomotif yaitu kelas IIOA dan IIOB yang jumlah seluruh siswanya 63 orang. Tetapi pada saat angket dibagikan, siswa yang terdata hanya 52 orang. Dan 52 orang inilah yang dijadikan sampcl. Metode pengambilan data dilakukan dengan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis instrumen meliputi analisis vahditas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa semua soal yang berjumlah 20 butir dinyatakan valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,840 (rl 1 > 0,70) dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis korelasi dengan menggunakan rumus korelasi Koefisicn Kontingensi (C/KK) karena variabel yang diteliti merupakan variable katcgori. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kualitas prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II SMK PIRI Sleman berada pada taraf sedang atau rata­rata siswa memiliki prestasi belajar yang cukup. Data perilaku disiplin siswa dari hasil angket rnenunjukkan perilaku disiplin yang berada pada kategori cukup. 2) Ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II SMK PIRI Steman dengan perilaku disiplin mereka. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Koefisien Kontingensi yang bertujuan untuk mencari hubungan antara dua variabel, dimana diperoleh Phi (N) sebesar 0, 277. dengan berkonsultasi pada "r" tabel diperoleh hasil bahwa pada taraf signifikansi 5 % Phi lebih besar dari rt (0,277 > 0,273) sehingga hipotesa nihilnya ditolak yang berarti bahwa ada hubungan antarn prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan perilaku disiplin mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs.H.Anas Sudijono
Uncontrolled Keywords: kurikulum; prestasi belajar; pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2023 14:19
Last Modified: 04 Oct 2023 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60819

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum