KEGIATAN KEAGAMAAN SEBAGAI WABANA PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SMUN 1 YOGYAKARTA

Imas Kurniasih, NIM.: 00410173 (2004) KEGIATAN KEAGAMAAN SEBAGAI WABANA PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SMUN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN KEAGAMAAN SEBAGAI WABANA PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SMUN 1 YOGYAKARTA)
00410173_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN KEAGAMAAN SEBAGAI WABANA PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SMUN 1 YOGYAKARTA)
00410173_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam upaya membudayakan manusia. Melalui pendidikan, kepribadian siswa dibentuk dan diarahkan sehingga dapat membentuk derajat kemanusiaan sebagai makhluk berbudaya. Upaya pembentukan kepribadian siswa secara lebih intens dilakukan melalui pendidikan agama. Permasalahan tentang penyelenggaraan pendidikan agama secara formal di lembaga pendidikan sempat memanas ketika dirumuskannya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional yang baru pada tahun 2003. Permasalahan efektif tidaknya penyelenggaraan pendidikan agama dalam konteks pembentukkan perilaku siswa sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam dunia penelitian. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menyusun angket kemudian mengujicobakannya untuk diketahui validitas dan reliabilitas angket tersebut. Dalam menganalisis data yang terhimpun dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis kuantitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data yang berupa angka-angka (statistik) yang diperoleh dari penyebaran angket. Kesimpulan penelitian ini adalah 1). Tujuan umum . kegiatan keagamaan di SMUN I Y ogyak:arta adalah mengembangkan kedisiplinan, kepemimpinan, dan ketak:waan siswa. Kegiatan keagamaan ini terbagi tiga. Pertama, kegiatan pokok, biasanya dilakukan setahun sekali, meliputi Salam Awai Al-Uswah, Gema Idul Adha Teladan, Forum Kajian Islam, dan lain-lain. Kedua, kegiatan rutin, ada yang dilakukan sebulan sekali yaitu Kajian Umum dan ada yang dilak:ukan seminggu sekali, yaitu Seni Baca Al-Quran, Bahasa Arab, Mentoring, dan lain-lain. Ketiga, kegiatan insidental, sewaktu-waktu, meliputi mading, nasyid, kepustak:aan, dan lain-lain. 2). Mayoritas (67 %) siswa SMUN 1 Yogyak:arta mempunyai tingkat partisipasi dalam kegiatan keagamaan sedang. Hanya 16 % siswa yang mempunyai tingkat partisipasi tinggi dan 17 % siswa lainnya mempunyai tingkat partisipasi rendah. Dengan demikian, Hipotesis Altematif (Ha) yang menyatakan bahwa tingkat partisipasi siswa SMUN 1 Yogyakarta dalam kegiatan keagamaan adalah tinggi ditolak karena tidak terbukti kebenarannya. 3). Mayoritas (69 %) siswa SMUN 1 Yogyakarta mempunyai kualitas perilaku cukup. Hanya 15 % siswa yang mempunyai kualitas perilaku baik dan 16 % siswa lainnya mempunyai kualitas perilaku kurang. Dengan demikian, Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa kualitas perilaku siswa SMUN 1 Yogyakarta adalah baik ditolak karena tidak terbukti kebenarannya. 4). Berdasarkan perhitungan dan analisis data tentang kegiatan keagamaan dan perilaku siswa SMUN 1 Yogyakarta dengan menggunakan Teknik Korelasi Koefisien Kontingensi, diperoleh Phi (<f>) = 0, 688. Kemudian setelah dikonsultasikan dengan Tabel Nilai "r" Product Moment dengan menggunakan df 100, diperoleh hasil 5 % < <f> > 1 % = 0, 195 < 0, 688 > 0, 254. Harga Phi lebih besar daripada r tabel baik pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 %. Dengan demikian, Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kegiatan keagamaan dengan perilaku siswa di SMUN 1 Yogyakarta diterima karena telah terbukti kebenarannya. Makin tinggi tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan, diikuti dengan semakin baik:nya kualitas perilaku mereka. Tinggi-rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan kuat hubungannya (korelasi)-nya dengan baik-kurang baik:nya kualitas perilaku mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.M. Asrori Ma'ruf, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: guru; siswa; kegiatan keagamaan; perilaku siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2023 14:50
Last Modified: 04 Oct 2023 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60824

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum