PENYUCIAN JIWA MENURUT PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI(STUDI TERHADAP KITAB MUTIARA IHYA' ULUMUDDIN YANG DITERJEMAHKAN DARI KITAB MUKHTASHAR IHYA' ULUMUDDIN)

Muhammad Ripai, NIM.: 02220999 (2007) PENYUCIAN JIWA MENURUT PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI(STUDI TERHADAP KITAB MUTIARA IHYA' ULUMUDDIN YANG DITERJEMAHKAN DARI KITAB MUKHTASHAR IHYA' ULUMUDDIN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYUCIAN JIWA MENURUT PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI(STUDI TERHADAP KITAB MUTIARA IHYA' ULUMUDDIN YANG DITERJEMAHKAN DARI KITAB MUKHTASHAR IHYA' ULUMUDDIN))
02220999_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENYUCIAN JIWA MENURUT PEMIKIRAN IMAM AL GHAZALI(STUDI TERHADAP KITAB MUTIARA IHYA' ULUMUDDIN YANG DITERJEMAHKAN DARI KITAB MUKHTASHAR IHYA' ULUMUDDIN))
02220999_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai penyucian jiwa menurut pemikiran Imam Al Ghazali dalam kitab mutiara ihya Ulumuddin. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui pencucian jiwa menurut pemikiran Imam Al Ghazali dalam kitab mutiara ihya Ulumuddin. Penelitian ini sepenuhnya adalah riset perpustakaan atau White dari research yaitu penelitian yang kajiannya dengan menelaah dan menelusuri kitab mutiara ihya Ulumuddin dan difokuskan pada bahan-bahan pustaka. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penelitian dibagi menjadi dua sumber yakni pertama sumber data primer yaitu mencakup pemikiran-pemikiran dan konsep Imam Al Ghazali tentang penyajian jiwa dalam kitab dasar yang diterjemahkan oleh Irwan Kurniawan dalam kitab mutiara ihya Ulumuddin. Kedua sumber data sekunder yaitu mencakup referensi-referensi lainnya yang berkaitan dengan tema pembahasan dalam penelitian ini. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penyajian jiwa merupakan suatu hal yang terpenting bagi seorang muslim karena hal ini menyangkut akan kebahagiaan manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Penyesuaian jiwa merupakan sebuah trapesium agar kembali menjadi bersih dan suci dari segala macam kesalahan dosa pengisian jiwa hanya bisa dicapai melalui berbagai ibadah dan amal perbuatan tertentu apabila dilaksanakan secara sempurna dan memadai. Menurut Imam Al Ghazali ada beberapa sarana penyesuaian jiwa yang diungkapkan dalam kitab mutiara ihya Ulumuddin antara lain: niat ikhlas jujur, taubat, sabar dan Syukur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. HM. Wasjim Bilal
Uncontrolled Keywords: Penyucian Jiwa, Imam Al-Ghazali, Kitab
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 25 Oct 2023 13:11
Last Modified: 25 Oct 2023 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60827

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum