STRATEGI PROMOSI JASA PENDIDIKAN DI SMK TARBIYATUL ISLAM KAWUNGANTEN CILACAP JAWA TENGAH

Felita Elvina Azmi, NIM.: 17104090043 (2023) STRATEGI PROMOSI JASA PENDIDIKAN DI SMK TARBIYATUL ISLAM KAWUNGANTEN CILACAP JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PROMOSI JASA PENDIDIKAN DI SMK TARBIYATUL ISLAM KAWUNGANTEN CILACAP JAWA TENGAH)
17104090043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PROMOSI JASA PENDIDIKAN DI SMK TARBIYATUL ISLAM KAWUNGANTEN CILACAP JAWA TENGAH)
17104090043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Promosi jasa pendidikan merupakan cara lembaga pendidikan dalam memperkenalkan dan membentuk citra baik lembaga pendidikan kepada calon konsumen agar tertarik menjadi konsumen lembaga pendidikan. SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten Cilacap pada tahun 2014 hingga 2018 sempat mengalami penurunan jumlah peserta didik, kemudian berhasil menaikkan kembali di tahun 2019 hingga saat ini. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ingin bertujuan untuk mengetahui : (1) strategi promosi jasa pendidikan (2) pelaksanaan promosi dan (3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat promosi di SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan dan verifikasi, serta menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam menentukan validitas dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten Cilacap melakukan strategi promosi jasa pendidikan dengan cukup efektif dan efisien dengan menerapkan langkah-langkah strategi promosi yaitu mengidentifikasi audiens sasaran, menentukan tujuan promosi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan anggaran promosi, menentukan bauran promosi, mengukur hasil dan mengelola atau menggoordinasi proses komunikasi promosi. Pelaksanaan promosi berjalan cukup lancar karena audiens sasaran dan tujuan promosi yang ditentukan secara tepat, pesan promosi yang disebarkan melalui alat promosi diantaranya advertising, sales promotion, personal selling, dan public relations juga cukup menarik atensi masyarakat, sehingga berhasil mencapai tujuan promosi yaitu meningkatkan jumlah peserta didik di SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten Cilacap. Adapun faktor pendukung promosi diataranya, program sekolah yang menarik minat masyarakat, lokasi SMK yang mendukung, pelanggan yang setia serta people yang menjadi kepercayaan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat promosi diantaranya yaitu adanya pesaing, sumber dana yang terlambat serta kerjasama tim yang kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Irwanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Strategi Promosi, Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Oct 2023 11:18
Last Modified: 05 Oct 2023 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum