PENGEMBANGAN KURIKULUM FIQIH (Telaah terhadap Komponen Kurikulum Fiqh Madrasah Tsanawiyah)

RM. Bomo Wijaya, NIM. 98473759 (2004) PENGEMBANGAN KURIKULUM FIQIH (Telaah terhadap Komponen Kurikulum Fiqh Madrasah Tsanawiyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM FIQIH (Telaah terhadap Komponen Kurikulum Fiqh Madrasah Tsanawiyah))
98473759_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM FIQIH (Telaah terhadap Komponen Kurikulum Fiqh Madrasah Tsanawiyah))
98473759_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran Fiqih, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan penyempumaan dan pengembangan kurikulumnya. Peningkatan mutu pembelajaran Fiqih mencakup perubahan pada pola kegiatan pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, penentuan pola dan strategi penilaian, dan pengelolaan kurikulum yang dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil merupakan beberapa indikator keberhasilan pengembangan kurikulum. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum fiqih pada Madrasah Tsanawiyah harus memperhatikan komponen-komponen pengembangan kurikulum secara umum. Kurikulum Fiqih 1994 menjadi acuan lebih lanjut dalam pengembangan kurikulum fiqih. Dan dalam Pengernbangan Kurikulum setidaknya memuat empat hal yaitu: Kurikulum dan Hasil Belajar, Penilaian Berbasis Kelas, Kegiatan Pembelajaran, dan Pengelolaan Kurikulum Berbasis Madrasah. Pengelolaan pengembangan kurikulum fiqih sendiri menggunakan prinsip Kesatuan dalam Kebijakan dan Keberagaman dalam Pelaksanaan sesuai dengan kondisi madrasah dan daerah. Komponen yang harus dikembangkan dalam pengembangan kurikulum Fiqih Madrasah Tsanawiyah dapat dipetakan menjadi empat hal, yaitu: tujuan, materi atau isi, metode dan evaluasi. Dalam hal materi fiqih seyogyanya mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan, bukan sebaliknya. Dan materi pelajaran fiqih, harus mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu materi. fiqih tidak boleh berdiri sendiri terlepas dari tujuannya. Begitu juga metode, idealnya merupakan suatu cara yang terarah yang dikerjakan oleh pendidik (guru) dalam rangka kemestian­kemestian mata pelajaran yang diajarkannya, ciri-ciri perkembangan peserta didiknya dan suasana alam sekitamya dengan tujuan menolong peserta didiknya untuk mencapai proses belajar yang diinginkan dan perubahan yang dikehendaki

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ahmad Arifi M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kurikulum fiqih, Madrasah Tsanawiyah
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:06
Last Modified: 28 Nov 2023 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum